banner 728x250

Mobil Mogok Wajib Didorong Menepi, Jangan Bikin Macet

Mobil Mogok Wajib Didorong Menepi, Jangan Bikin Macet
banner 120x600
banner 468x60

KLATEN, KOMPAS.com – Kemacetan kerap terjadi di kota-kota besar di Indonesia. Sehingga, kesadaran masyarakat untuk selalu tertib berlalu lintas perlu ditingkatkan agar perjalanan lebih lancar dan terkendali.

Pasalnya, tidak sedikit kemacetan terjadi lantaran pengguna jalan tidak tertib bahkan cuek terhadap kepentingan umum.

banner 325x300

Seperti ketika mobil mogok atau mengalami kendala di jalan. Pengguna mobil menganggap kondisi tersebut bukan sebuah kesalahan dan pengguna jalan lain harus memakluminya.

Padahal, kondisi tersebut justru mencermikan sikap dari etika berkendara yang baik karena menggangu kelancaran lalu lintas.

Baca juga: Polisi Siapkan Antisipasi Kemacetan Libur Natal dan Tahun Baru

Ilustrasi mobil derek resmi dari Jasa MargaDok. Kompas.tv Ilustrasi mobil derek resmi dari Jasa Marga

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, tindakan pertama yang harus dilakukan jika mobil mogok di jalan ialah segera mendorong mobil ke pinggir atau bahu jalan.

“Jangan lupa untuk memasang segitiga pengaman, serta menyalakan lampu hazard sebagai tanda darurat agar pengendara lain lebih menyadarinya,” kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jangan sampai mobil mogok menjadi sumber penyebab terjadinya kemacetan yang bisa mengganggu kepentingan umum.

Baca juga: Urai Kemacetan, Kemenhub Kerjasama dengan Penyedia Jasa Transportasi

Suasana Kemacetan di arus lalu lintas di Cileunyi mengarah ke Kota Bandung atau sebaliknya pada Jumat (3/11/2023)KOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Suasana Kemacetan di arus lalu lintas di Cileunyi mengarah ke Kota Bandung atau sebaliknya pada Jumat (3/11/2023)

Sony mengatakan, jika kondisinya sedang berada di jalan tol, setelah meminggirkan mobil hubungi nomor darurat tol untuk dilakukan penderekan.

“Dengan demikian, mobil mogok tidak berlama-lama di bahu jalan dan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan,” ucap Sony.

Nah, itu tadi etika yang benar ketika mengalami mobil mogok di perjalanan. Jangan sampai membiarkan mobil mogok menghalangi akses bagi pengguna jalan lainnya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250