banner 728x250

Gampang, Ini Tahapan Melihat Kondisi Aki Motor dari Lampu Indikator

Gampang, Ini Tahapan Melihat Kondisi Aki Motor dari Lampu Indikator
banner 120x600
banner 468x60

KLATEN, KOMPAS.com – Sebagian besar sepeda motor keluaran baru, tak lagi dibekali kick starter. Sebagai gantinya, ada voltmeter dan lampu indikator pada layar informasi.

Voltmeter akan menunjukkan angka tegangan baterai dalam berbagai kondisi. Sementara lampu indikator aki, akan menyala ketika mulai terdeteksi penurunan tegangannya.

banner 325x300

Maka dari itu, konsumen perlu tahu seperti apa kondisi aki dengan membaca instrumen yang ada. Dengan demikian, meski tanpa kick starter tidak akan terjadi masalah di luar dugaan.

Baca juga: Ketahui Penyebab Indikator Oli Motor Terus Menyala

Demonstrasi penggunaan alat pengukur tegangan aki motorKOMPAS.com/daafa Demonstrasi penggunaan alat pengukur tegangan aki motor

Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno mengatakan, biasanya motor yang dilengkapi voltmeter dan lampu indikator aki tidak dibekali kick starter.

“Artinya, lampu indikator dan voltmeter diharapkan bisa menjadi solusi dengan tidak adanya kick starter, secara prinsip instrumen tersebut akan memberikan informasi ke konsumen terkait kesehatan aki secara langsung,” ucap Endro kepada Kompas.com, Jumat (8/12/2023).

Endro mengatakan, ada tiga tahapan terkait kesehatan aki pada motor dengan lampu indikator dan voltmeter.

Baca juga: Cek Daftar Harga Aki Motor per Desember 2023

Proses penggantian aki motor yang rusakKOMPAS.com/daafa Proses penggantian aki motor yang rusak

1. Kondisi sehat

Pada tahapan pertama yakni kondisi sehat. Tandanya, ketika kontak diubah ke posisi ON lampu indikator aki tidak akan menyala, sementara voltmeter menunjukkan angka 11,5 sampai 12,5 volt.

“Begitu juga ketika mesin dihidupkan, lampu indikator tetap mati dan angka voltmeter bertambah karena adanya pengisian, kondisi ini mesin dapat dengan mudah dihidupkan,” ucap Endro.

2. Kondisi waspada

Selanjutnya adalah kondisi waspada. Tandanya, ketika kontak ON lampu indikator aki akan menyala dan voltmeter menunjukkan angka 11,4 volt dengan toleransi 0,4 volt.

Baca juga: Waspada Aki Soak, Ingat Honda Vario Tidak Punya Starter Engkol

Contoh indikator motor yang menandakan oli mesin harus diganti, dan kondisi aki mulai lemah karena tegangannya ada di bawah 12,4 voltKompas.com/Daafa Alhaqqy Contoh indikator motor yang menandakan oli mesin harus diganti, dan kondisi aki mulai lemah karena tegangannya ada di bawah 12,4 volt

“Saat mesin sudah hidup lampu indikator akan tetap menyala, meski terjadi pengisian aki, namun setelah mesin dimatikan dan dicoba ON bila tegangan aki bisa melebihi 11,4.volt lampu indikator akan mati,” ucap Endro.

Kondisi tersebut, menurut Endro, mesin masih bisa distarter dengan mudah. Namun, tidak direkomendasikan untuk terus dibiarkan karena sudah ada peringatan.

“Sebaiknya dilakukan pemeriksaan terkait kesehatan aki di Ahass, nanti akan disimpulkan perlu ganti aki atau tidak, karena lampu indikator menyala itu artinya peringatan, bahwa aki sudah lemah,” ucap Endro.

Baca juga: Aki Motor Matik Mulai Soak, Baiknya Disetrum atau Ganti Baru?

Komponen CVT pada Honda Vario 150KOMPAS.com/daafa Komponen CVT pada Honda Vario 150

3. Kondisi jelek

Kondisi terakhir yakni aki jelek. Tandanya, lampu indikator aki menyala saat kontak ON dengan nilai tegangan aki hanya 10,3 volt.

“Kondisi tersebut akan membuat alternating current generator (ACG) starter tidak bisa lagi difungsikan, sehingga konsumen perlu menjaga agar kondisi aki tidak sampai pada tahap ini,” ucap Endro.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250