banner 728x250

Bukan Sekadar untuk Darurat, Ada Fungsi Lain Kick Starter pada Motor

Bukan Sekadar untuk Darurat, Ada Fungsi Lain Kick Starter pada Motor
banner 120x600
banner 468x60

KLATEN, KOMPAS.com – Kick starter atau engkol starter mulai ditinggalkan oleh sepeda motor keluaran terbaru. Namun, sebagian besar motor yang digunakan oleh masyarakat masih menggunakannya.

Maka dari itu, pengguna perlu memanfaatkan kick starter dengan optimal agar komponen motor menjadi lebih awet.

banner 325x300

Perlu diingat bahwa kick starter tidak hanya digunakan saat darurat atau ketika aki tekor, tetapi bisa digunakan untuk membuat beberapa komponen motor lebih awet.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Skutik Baru Tidak Dibekali Kick Starter

Modifikasi Honda Win pakai basis Honda VerzaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Modifikasi Honda Win pakai basis Honda Verza

Kepala Mekanik Ahass Daya Adicipta Motora (DAM) Wahyudin menyarankan kepada para pemilik motor untuk menggunakan kick starter saat pertama kali memanaskannya.

“Jika langsung di-starter dengan tombol, beban untuk aki terlalu besar untuk cranking awal. Bisa bikin aki performanya cepat turun,” ujar Wahyudin kepada Kompas.com, belum lama ini.

Wahyudin menambahkan, jika menggunakan kick starter terlebih dulu sebanyak tiga sampai lima kali, bisa membuat friksi awal yang baik untuk cycling engine-nya. Setidaknya oli bisa mulai terpompa ke seluruh komponen mesin lebih dulu.

Baca juga: Tanpa Kick Starter, Benarkah Aki Motor Baru Lebih Cepat Soak?

Modifikasi Yamaha Scorpio 225 bergaya klasikMR. KUZTOM GARAGE Modifikasi Yamaha Scorpio 225 bergaya klasik

“Sehingga, bisa memudahkan mesin saat awal dihidupkan,” kata Wahyudin.

Untuk motor matik dan motor sport sekarang ini, penggunaan kick starter sudah mulai ditinggalkan. Sebab, sistem electric starter yang digunakan sudah lebih canggih. Sehingga, tidak perlu lagi khawatir aki akan cepat tekor menurut Wahyudin.

Sedangkan untuk oli yang mengendap, menurut Wahyudin, biasanya terjadi pada motor-motor lama. Sementara teknologi motor baru sudah cukup canggih sehingga mampu menahan oli, khususnya di bagian boring dan piston.

Nah, itu tadi kegunaan kick starter agar digunakan sebagaimana mestinya, terkhusus motor lawas.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250