banner 728x250

Kembali ke Layar Lebar, Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen Angkat Kisah Perjuangan Pesepak Bola Muda Papua

Kembali ke Layar Lebar, Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen Angkat Kisah Perjuangan Pesepak Bola Muda Papua
banner 120x600
banner 468x60

FokusFakta.com – Pasangan artis Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen kembali memproduksi film layar lebar. Melalui Alenia Pictures, mereka memperkenalkan film Indonesia Dari Timur.

Menampilkan latar belakang kehidupan warga Papua, Indonesia Dari Timur berkisah tentang perjuangan talenta-talenta muda di sana dalam mengejar mimpi sebagai pesepakbola. Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen terinspirasi dari keberhasilan pemuda pemudi Papua memenangkan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021.

banner 325x300
Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen. [FokusFakta.com/Adiyoga Priyambodo]
Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen. [FokusFakta.com/Adiyoga Priyambodo]

“Film ini terinspirasi dari kisah nyata ya. Berawal dari semangat saat PON di Papua, di mana kami hadir dan menyaksikan langsung putra-putri Papua menjadi juara,” jelas Nia Zulkarnaen, dalam sesi jumpa pers di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta, Sabtu (9/12/2023).

Sepak bola dipilih sebagai tema besar cerita karena cabang olahraga tersebut jadi salah satu yang cukup diminati di kalangan masyarakat. Ditambah lagi, Papua juga dikenal sebagai tempat lahirnya pesepak bola berbakat seperti Eduard Ivakdalam, Boaz Solossa hingga Imanuel Wanggai.

“Sepak bola sudah menjadi olahraga yang sangat diminati. Sepak bola adalah olahraga pemersatu bangsa,” jelas Nia Zulkarnaen.

Para pemerannya pun dipilih dari anak-anak muda Papua yang memang aktif berpartisipasi di sekolah sepak bola di sana. Mereka dilatih secara khusus oleh Ari Sihasale dan tim untuk berakting.

“Kebetulan, kami memang sudah sering melakukan kegiatan dengan adik-adik di Papua. Sejak 2006 juga kami sudah punya pelatih akting. Makanya, kami punya anak-anak Papua yang bukan aktor, tapi bisa akting dengan baik,” papar Ari Sihasale.

Oleh karenanya, Ari Sihasale tidak butuh banyak bantuan teknologi CGI saat mengambil adegan pertandingan sepak bola. Selain didukung aktor-aktor yang memang mahir bermain bola, Ari juga dibantu langsung oleh Eduard Ivakdalam untuk menghadirkan adegan pertandingan sepak bola yang terasa seperti nyata.

“Adegan pertandingannya memang tidak banyak, tapi itu real. Jadi bukan kaleng-kaleng,” kata Ari Sihasale.

Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen. [FokusFakta.com/Adiyoga Priyambodo]
Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen. [FokusFakta.com/Adiyoga Priyambodo]

Di samping menampilkan perjuangan anak-anak muda Papua mengejar mimpi menjadi pemain sepak bola profesional, Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen juga menyajikan keindahan alam Bumi Cendrawasih lewat film tersebut. Meski berat, tim produksi Indonesia Dari Timur rela mengambil beberapa titik lokasi syuting demi menuntaskan misi mengangkat nilai Papua.

“Jadi kami syuting di tempat berjauhan. Mulai dari Jayapura, kemudian ke Wamena, terus ke Timika. Bisa dibayangkan ya, bagaimana kami membawa banyak rombongan dan harus berpindah-pindah dengan cepat,” terang Ari Sihasale.

Selain melibatkan anak-anak asli Papua, film Indonesia dari Timur turut dibintangi Ibnu Jamil, Marcelino Lefrandt hingga Donny Alamsyah. Bekerja sama dengan Bhineka Multi Media, Ari Sihasale selaku perwakilan Alenia Pictures berharap karya terbarunya dengan Nia Zulkarnaen bisa diterima para pecinta film Tanah Air.

“Mudah-mudahan, dari apa yang kami buat bisa memuaskan penonton,” ucap Ari Sihasale.

Belum ada informasi perihal jadwal tayang film Indonesia Dari Timur. Ari Sihasale cuma mengatakan bahwa karya besutannya bersama Nia Zulkarnaen akan masuk bioskop dalam waktu dekat.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250