banner 728x250

Ungkit soal Intimidasi Ketua BEM UI, Ganjar di Debat Capres: Kasus Seperti Ini Harus Usai!

Ungkit soal Intimidasi Ketua BEM UI, Ganjar di Debat Capres: Kasus Seperti Ini Harus Usai!
banner 120x600
banner 468x60

FokusFakta.com – Capres 2024 nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengungkit soal adanya ancaman dari aparat kepada pihak yang mengkritisi pemerintahan Presiden Jokowi. Ganjar pun menyontohkan kasus intimitasi terhadap Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI, Melki Sedek Huang dan keluarganya di Pontianak, Kalimantan Timur. 

Hal itu disampaikan Ganjar dalam debat perdana Capres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023) malam.

banner 325x300

“Saya mendengar ketika demokratisasi mesti berjalan dan mesti kita jaga bersama. Ada ibu Sinta ketika menyampaikan pendapat harus berurusan dengan aparat keamanan. Ada Melki ketua BEM yang ibunya harus diperiksa,” beber Ganjar. 

Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo memberikan pemaparan saat debat perdana Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden di gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).  [FokusFakta.com/Alfian Winanto]
Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo memberikan pemaparan saat debat perdana Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden di gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). [FokusFakta.com/Alfian Winanto]

Menurutnya, tindakan intimidasi kepada pengkritik pemerintah harusnya tidak terjadi di kemudian hari. Mestinya, pemerintahan ke depan bisa menerima kritik dari kalangan masyarakat.

“Maka yang seperti ini harus usai. Dan mereka akan mendapatkan kebaikan-kebaikan kalau government terjadi,” katanya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu pun menganggap jika sikap tegas tersebut bisa berjalan dengan baik jika pemerintah bersih dan akomodatif terhadap aspirasi rakyat. 

“Semua ini bisa berjalan kalau pemerintah bersih bisa akomodatif dan kita sikat korupsi tidak dengan kata-kata tapi dengan keseriusan,” katanya. 

Lebih lanjut, Ganjar mengklaim dirinya bersama Cawapres Mahfud MD siap untuk memperbaiki soal masalah demokratisasi dan penegakan hukum jika diberikan kesempatan memimpin sebagai presiden dan wakil presiden di 2024 mendatang.

“Pak Mahfud adalah mitra saya yang selama ini sebagai Menko Polhukam mengeksekusi itu dengan baik. Maka kita lakukan itu mohon dukungan rakyat perintahkan kami mengerjakan itu,” klaimnya

Diketahui, debat perdana Pilpres ini diikuti oleh tiga kandidat capres. Mereka adalah Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Tema yang diangkat dalam debat tersebut mencakup soal pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, penanganan disinformasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat perdana Capres yang dipandu dua moderato Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel itu dibagi menjadi enam segmen. 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250