banner 728x250

Bolehkah Mengganti SIM yang Sudah Pudar?

Bolehkah Mengganti SIM yang Sudah Pudar?
banner 120x600
banner 468x60

SOLO, KOMPAS.com – Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh kepolisian, sebagai syarat untuk mengemudi kendaraan bermotor di jalan raya.

Setiap pengemudi wajib memiliki SIM yang sesuai dengan jenis kendaraan yang dikemudikan, ini sesuai dengan peraturan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) Pasal 77.

banner 325x300

Pada SIM berisi data pribadi seperti nama, alamat, dan bahkan foto pemegang SIM. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa SIM dapat dijadikan bukti identitas yang sah saat seseorang mengemudi kendaraan bermotor.

Baca juga: Buka Diler Baru, Subaru Dekati Warga Bandung

Ilustrasi, BPJS Kesehatan akan menjadi syarat mengurus berbagai pelayanan publik, termasuk permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK).KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Ilustrasi, BPJS Kesehatan akan menjadi syarat mengurus berbagai pelayanan publik, termasuk permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK).

Namun, apabila foto pada SIM mulai pudar atau sudah tidak terlihat jelas, sehingga menyulitkan identifikasi, apakah boleh diperbarui?

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY Kombes Pol Alfian Nurrizal mengatakan, tidak ada peraturan yang menyatakan bisa atau tidak melakukan penggantian foto pada SIM.

“Terkait dengan permohonan pergantian foto pada SIM secara aturan tidak diatur secara khusus,” ucap Alfian kepada Kompas.com, Jumat (8/12/2023).

Baca juga: 5 Ruas Tol Trans Sumatera Gratis Dilalui Saat Natal dan Tahun Baru

Alfian juga menjelaskan, sebelum memutuskan menggunakan foto untuk SIM, pihaknya akan menanyakan terkait kesesuaiannya terlebih dahulu.

“Pengambilan foto saat ini juga senantiasa dikoordinasikan ke pemohon apakah diambil ulang atau cukup hasil foto yang telah diambil,” ujar Alfian.

Maka, ketika ada pemohon yang ingin mengubah foto bisa dilakukan ketika melakukan perpanjangan SIM.

“Untuk itu, kalau memang ingin mengubah foto kami sarankan saat akan perpanjangan SIM,” ucapnya.

Baca juga: Sering Bikin Keributan, Bolehkah Parkir Mobil Paralel di Mal?

Adapun untuk syarat perpanjangan SIM, sebagai berikut:

  1. Kartu Surat Izin Mengemudi (SIM) lama yang akan habis masa pakai
  2. Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP)
  3. Hasil pemeriksaan kesehatan jasmani
  4. Hasil tes psikologi
  5. Pas foto dengan latar berwarna biru (bukan foto selfie)
  6. Foto tanda tangan di atas kertas putih polos

Kemudian, mengenai biaya perpanjangan SIM sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di lingkungan kepolisian. Di mana untuk SIM A sebesar Rp 80.000 dan SIM C Rp 75.000.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250