banner 728x250

Hasil Liga Champions: Porto Dampingi Barcelona ke 16 Besar, Royal Antwerp Petik Kemenangan Perdana

Hasil Liga Champions: Porto Dampingi Barcelona ke 16 Besar, Royal Antwerp Petik Kemenangan Perdana
banner 120x600
banner 468x60

FokusFakta.com – FC Porto mendampingi Barcelona lolos ke putaran 16 besar, setelah pada pertandingan terakhir Grup H mereka menang 5-3 atas tamunya Shakhtar Donetsk, yang dimainkan di Estadio do Dragao, Porto, Kamis (14/12/2023) dini hari WIB.

Kemenangan itu membuat Porto menduduki posisi kedua di klasemen akhir dengan 12 poin, sedangkan Shakhtar hanya berada di posisi ketiga dengan sembilan poin, demikian catatan laman resmi UEFA seperti dimuat Antara.

banner 325x300

Pertandingan baru berusia sembilan menit saat Porto membuka keunggulan. Diawali bola panjang dari Pepe, yang gagal diterima dengan sempurna oleh Evanilson, pantulan bola justru jatuh ke penguasaan Wenderson Galeno untuk dilesakkan masuk ke gawang tim tamu.

Tim Ukraina Shakhtar berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-30. Oleksandr Zubkov menerima umpan panjang di area pertahanan Porto, untuk kemudian dioperkan kepada Danylo Sikan yang dengan mudah menyambarnya masuk ke gawang Porto. Gol itu sebelumnya disinyalir tidak sah karena offside, namun setelah melakukan tinjauan VAR, wasit mengesahkan gol penyama kedudukan tersebut.

Porto merestorasi keunggulan pada menit ke-43. Diawali pergerakan menusuk Pepe Aquino di sayap kiri, ia kemudian mengirimkan umpan tarik untuk dieksekusi dengan sempurna oleh Galeno. Babak pertama ditutup dengan keunggulan 2-1 bagi tuan rumah.

Memasuki menit ke-62, Galeno berganti peran menjadi pengumpan bagi gol ketiga Porto. Galeno mengirim umpan terobosan untuk dikonversi menjadi gol oleh pemain asal Iran Mehdi Taremi.

Kegembiraan Porto sempat sedikit terusik pada menit ke-72, ketika Stephen Eustaquio membukukan gol bunuh diri untuk mengubah skor menjadi 3-2. Ia tidak kuasa mencegah perubahan laju bola sepakan Sikan untuk mengarah masuk ke gawang sendiri.

Namun penggemar tuan rumah kembali bersorak-sorai menyambut gol keempat yang tercipta pada menit ke-75.Bola mendatar kiriman Galeno disambar pemain veteran Pepe dengan sepakan kaki kiri untuk melesak masuk ke gawang Shakhtar, sekaligus merestorasi keunggulan dua gol.

Kegembiraan publik Porto semakin lengkap ketika putra pelatih Sergio Conceicao, yakni Francisco Conceicao, menyumbang gol kelima mereka pada menit ke-82. Ia sukses memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan Shakhtar untuk menaklukkan kiper Dmytro Riznyk dalam situasi satu lawan satu.

Shakhtar masih sempat mengemas satu gol pelipur lara pada menit ke-88, ketika tembakan mendatar pemain pengganti Eguinaldo gagal diantisipasi kiper Diogo Costa. Namun kemenangan 5-3 tetap menjadi milik Porto, untuk mengamankan tiket mereka ke putaran berikutnya.

Royal Antwerp Pecundangi Barcelona

Pada pertandingan Grup H lainnya yang dimainkan di Stadion Bosuil, Antwerp, tuan rumah Royal Antwerp berhasil menghibur diri dengan mempecundangi Barcelona dengan skor 3-2. Kemenangan itu sekaligus merupakan kemenangan perdana Antwerp di Liga Champions musim ini.

Kemenangan itu tidak mempengaruhi posisi Antwerp di klasemen akhir grup. Klub Belgia itu tetap berada di posisi juru kunci dengan tiga poin, sedangkan Barca tetap memuncaki klasemen grup dengan 12 poin.

Laga baru berusia dua menit saat Antwerp tancap gas dan membuka keunggulan berkat gol Arthur Vermeeren. Diawali operan kiper Inaki Pena kepada Oriol Romeu yang tidak berhasil dikontrol dengan sempurna, bola lantas disambar oleh Vermeeren untuk ditembakkan ke gawang tim tamu.

Barcelona berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-35. Dari satu skema serangan balik, Ferran Torres menyambut umpan terobosan kiriman Lamine Yamal untuk dikonversi menjadi gol balasan. Skor imbang 1-1 bertahan sampai turun minum.

Antwerp kembali membobol gawang Barcelona pada menit ke-56. Alhassan Yussuf merebut bola dari penguasaan Romeu, kemudian menyodorkannya kepada Vincent Janssen, yang tidak kesulitan untuk menaklukkan kiper Pena.

Barcelona menyamakan kedudukan untuk kedua kalinya pada menit ke-91.Marc Guiu menanduk bola tendangan bebas Ilkay Gundogan untuk membuat skor menjadi imbang 2-2.

Namun kedudukan imbang hanya bertahan semenit. Pada menit ke-92, gawang Barcelona kembali kemasukan saat sundulan George Ilenikhena tidak dapat dihentikan untuk mengunci kemenangan 3-2 bagi tuan rumah.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250