banner 728x250

Pimpinan KPK Alexander Marwata Jadi Saksi Meringankan Tersangka Korupsi Firli Bahuri, Eks Penyidik: Tidak Elok

Pimpinan KPK Alexander Marwata Jadi Saksi Meringankan Tersangka Korupsi Firli Bahuri, Eks Penyidik: Tidak Elok
banner 120x600
banner 468x60

FokusFakta.com – Mantan penyidik Komisi Pemerantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo Harahap menyoroti kehadiran Wakil Ketua KPK Alexander Marwata yang bersedia menjadi saksi sidang praperadilan Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (14/12/2023).

Yudi menyebut hal tersebut menjadi suatu hal yang menarik. Disebutnya Alex hadir sebagai saksi fakta terkait denga proses yang terjadi di KPK.

banner 325x300

“Makanya ini menarik, ya. Pertama kali juga pimpinan KPK jadi saksi meringankan bagi tersangka korupsi dan mau lagi kan (jadi saksi),” kata Yudi yang turut, menyaksikan kesaksian Alex di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Yudi menilai hal itu menjadi suatu hal yang tidak pantas.

“Ini kan sebetulnya, menurut saya, benar-benar tidak elok sebenarnya,” kata Yudi.

Novel Baswedan, mantan penyidik KPK, juga mengaku heran dengan kehadiran Alex.

“Saya juga tadi heran, ya, Alexander Marwata Hadir ya, praperadilan. Apakah hadirnya dalam konteks pribadi, kepentingan Firli Bahuri sebagai pemohon praperadilan atau konteksnya sebagai tugas di KPK,” kata Novel.

“Karena kita tahu, beda antara panggilan dalam proses atas nama negara yaitu proses pokok perkara, dengan dalam konteks pemohon. Kalau dalam konteks pemohon kan sifatnya hanya kooperatif dalam kepentingan,” sambungnya.

Novel juga menyebut ada kedetakan antara Alex dengan Firli.

“Memang kita tahu Firli Bahuri punya kedekatan yang sangat luar biasa, ya dekat sekali dengan Alexander Marwata,” katanya.

“Tentunya meninggalkan kewajiban dan kemudian hadir yang sifatnya bukan kewajiban, itu bukan hal yang mengikuti kaidah etik di KPK. Saya kira itu hal yang ini, ya, semoga Dewas KPK lihat nanti, ya,” katanya.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250