banner 728x250

Saat Mobil Melewati Tanjakan Apakah Perlu Mematikan AC?

Saat Mobil Melewati Tanjakan Apakah Perlu Mematikan AC?
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalan menanjak memang menjadi tantangan tersendiri bagi pengemudi mobil, khususnya di daerah pegunungan.

Tidak sedikit pengemudi yang mobilnya tiba-tiba mundur karena kesulitan atau tidak kuat menanjak. Hal ini terjadi karena beban muatan yang banyak, kurang skill pengemudi bahkan power kendaraan terbatas.

banner 325x300

Untuk mengatasi hal tersebut, ada pengemudi yang mematikan AC dengan tujuan untuk mengurangi beban mesin, sehingga mobil bisa melewati tanjakan dengan mudah.

Baca juga: Mengemudi dalam Pengaruh Alkohol Harusnya Kena Sanksi Berat

Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).KOMPAS.com/Bagus Puji Panuntun Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, mematikan AC saat berkendara memang bisa mempengaruhi performa mesin. Karena, kompresor AC digerakan oleh belt dan berputar mengikuti putaran mesin.

“Sehingga jika kompresor AC mati, otomatis tenaga dari mesin tidak terbagi,” ujar Bambang kepada Kompas.com belum lama ini.

Sementara, Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, mematikan AC tidak begitu berpengaruh pada performa mesin.

Baca juga: Respon Valentino Rossi Soal Adik Tirinya Gantikan Marquez di Repsol Honda

Ilustrasi AC MobilFreepik/Dianabygu Ilustrasi AC Mobil

Selama mobil yang dikemudikan tidak membawa beban berlebih dan mesin dirasa sehat, AC mobil tidak perlu dimatikan ketika melewati tanjakan.

“Hal yang paling dibutuhkan saat melewati tanjakan sebenarnya adalah kemampuan si pengemudi dalam mengendarai mobilnya. Misal saat tanjakan, jalanan macet, maka pengemudi harus punya skill start and go, terutama mobil manual. Karena jika tidak dikhawatirkan mobil akan mundur,” ucap Didi.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250