banner 728x250
Game  

Perbandingan Mobile Legends vs League of Legends, Mana yang Lebih Baik?

Perbandingan Mobile Legends vs League of Legends, Mana yang Lebih Baik?
banner 120x600
banner 468x60

FokusFakta.com – Mobile Legends Bang Bang (MLBB) dan League of Legends (LoL) merupakan dua judul game MOBA paling populer saat ini. Kedua game buatan Moonton dan Riot Games ini memiliki beberapa persamaan dan perbedaan, menjadikan kedua game tersebut unik dengan caranya masing-masing.

Walau demikian, banyak pemain berdebat tentang game mana yang lebih baik. Perselisihan ini dipicu pada 2022 ketika Riot Games mengajukan gugatan terhadap Moonton, mengklaim bahwa mereka menyalin sebagian dari konten LoL dan LoL Wild Rift saat mengembangkan Mobile Legends.

banner 325x300

Sejak saat itu, kedua komunitas pemain berdebat dan mengklaim bahwa masing-masing game adalah yang terbaik. Oleh karena itu, berikut ini perbandingan Mobile Legends vs League of Legends jika dilihat dari berbagai aspek:

Ilustrasi game Mobile Legends di telepon seluler pintar. [Shutterstock]
Ilustrasi game Mobile Legends di telepon seluler pintar. [Shutterstock]

1. Gameplay dan kontrol

Salah satu perbedaan utama League of Legends dan Mobile Legends terletak pada gameplaynya. Pertandingan di LoL membutuhkan waktu setidaknya 15-20 menit untuk berakhir, sedangkan pertandingan Mobile Legends selesai lebih cepat.

Selain itu, Moonton juga mengambil inspirasi dari versi PC game tersebut, karena menampilkan indikator solo dan duo di jalur Mobile Legends yang berbeda saat pertandingan dimulai.

League of Legends juga memungkinkan pemain memiliki emblem dan reruntuhan yang berbeda secara gratis, menjadikannya game yang ramah bagi pemula. Berbeda dengan Mobile Legends, pemain harus membelinya. Namun, versi pertama hadir dengan kontrol dua kali lebih banyak dibanding versi kedua.

Irelia League of Legends: Wild Rift .(Wildrift.leagueoflegends.com)
Irelia League of Legends: Wild Rift .(Wildrift.leagueoflegends.com)

2. Hero dan Champion

Baik hero Mobile Legends maupun Champion League of Legends memiliki peran dan statistik serta kemampuan yang seringkali disesuaikan dengan pembaruan patch pada kedua game tersebut.

Namun, hero Mobile Legends lebih fleksibel dan serbaguna dibandingkan LoL. Sebagian besar hero di Mobile Legends dapat dimainkan di mana saja di peta. Selain itu, hero universe Mobile Legends yang berjumlah ratusan ini juga lebih tersebar luas dibandingkan League of Legends yang hanya terdiri dari puluhan Champion.

Semua Champion Riot Games memiliki empat kemampuan unik dengan dua mantra pemanggil default. Di sisi lain, para hero Moonton memiliki tiga keterampilan unik dan mantra pertempuran default untuk membantu pemain dalam pertandingan peringkat.

Mobile Legends. [Screenshot/Dicky Prastya]
Mobile Legends. [Screenshot/Dicky Prastya]

3. Grafis dan animasi

League of Legends secara grafis terinspirasi oleh versi PC judul game tersebut. Game ini memberi para pemainnya peta yang bersih, pertarungan yang tajam dan jelas, serta animasi monster hutan yang jauh lebih baik daripada game MOBA lainnya.

Sayangnya, Mobile Legends sedikit tertinggal dalam aspek ini. Animasinya sedikit buram, membuat pertarungan menjadi lebih sulit bagi para pemain. Untungnya bagi para pemain, animasi poke dan burst skillnya sedikit lebih realistis.

League of Legends Wild Rift. [HiTekno.com]
League of Legends Wild Rift. [HiTekno.com]

4. Item dalam game dan pembelian

Jumlah item di League of Legends lebih banyak dibandingkan di Mobile Legends. Ini membuat gelar Riot Games lebih diunggulkan. Dalam hal pembelian item dalam game, Mobile Legends sama seperti judul MOBA lainnya.

Artinya, tidak seperti League of Legends yang mengharuskan pemain kembali ke markas untuk membeli item, pemain bisa mendapatkan item kapan saja dan dari lokasi mana saja di peta.

Kesimpulannya, Mobile Legends dan League of Legends berbeda dalam ciri khasnya. Game mana yang harus dipilih sepenuhnya bergantung pada preferensi pribadi pemain. Artikel ini hanya mencoba membandingkan berbagai aspek permainan untuk membantu para pemain membuat pilihan yang tepat. Jadi, yang mana pilihanmu?

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250