banner 728x250

Begini Cara Ukur Helm Saat Beli secara Online

Begini Cara Ukur Helm Saat Beli secara Online
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Helm merupakan perlengkapan keselamatan yang wajib digunakan saat berkendara sepeda motor, dirancang untuk melindungi kepala pengendara dari cedera serius apabila terjadi kecelakaan.

Penting untuk memilih helm sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) berlaku dan memastikan bahwa helm tersebut sesuai dengan ukuran kepala pengendara.

banner 325x300

Akan tetapi, untuk pembeli helm secara online akan kesulitan bagaimana cara menentukan ukuran yang sesuai dengan kepala.

Baca juga: Tidak Menggunakan Helm Saat Naik Motor Bisa Kena Tilang Rp 250.000

Konsumen memilih helm diskon di IMOS 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy Konsumen memilih helm diskon di IMOS 2023

Priadanis Nugroho Putra, Store Manager RC Motogarage, mengatakan, sebelum membeli helm secara online, pembeli bisa mengukur lingkar kepala dengan telunjuk.

“Yang harus diperhatikan pertama yaitu memastikan lingkar kepala karena setiap helm pasti memiliki size yang berbeda,” ujar Priadanis kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sementara itu, pegiat dari Komunitas Belajar Helm, Ahmad M, mengatakan, sebelum membeli helm secara online, pastikan untuk memilih merek dan modelnya. Setelah itu, tentukan ukurannya yang tiap merek berbeda-beda.

Baca juga: Aturan Spesifikasi Helm yang Sesuai SNI

Ilustrasi helm.Dok. Stanly/Otomania Ilustrasi helm.

“Kalau masih ragu mengenai ukuran helm, ukur lingkar kepala saja. Jadi diukur lingkar kepala melingkar dari dahi ketemu dahi, habis itu bisa cari size chart helm di internet untuk memastikan ukuran,” ujar Ahmad.

Adapun helm yang diproduksi sesuai SNI memiliki pilihan ukuran, yaitu XS, S, M, L, XL, dan XXL. Ukuran ini bisa digunakan untuk acuan memilih helm sesuai dengan kepala pemakai.

Berikut penjelasan ukurannya:

  • XS : lingkar kepala antara 53-55
  • S : lingkar kepala antara 56-57 cm
  • M : lingkar kepala 58 cm
  • L : lingkar kepala 59-60 cm
  • XL: lingkar kepala 61-62 cm
  • XXL: lingkar kepala 62-64 cm

 


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250