banner 728x250

Ini 5 Peralatan yang Wajib Digunakan Saat Naik Motor

Ini 5 Peralatan yang Wajib Digunakan Saat Naik Motor
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Risiko kecelakaan saat berkendara di jalan selalu ada dan tidak pernah nol. Oleh karenanya, semua pengendara, khususnya motor, punya kewajiban untuk melindungi diri dengan sebaik mungkin.

Satu langkah untuk meminimalisir tingkat bahaya dari kecelakaan adalah dengan menggunakan 5 riding gear alias perlengkapan berkendara, untuk melindungi semua bagian tubuh dari atas ke bawah.

banner 325x300

Agus Sani, Head of Safety Riding AHM Wahana menjelaskan, 5 riding gear yang dimaksud yakni helm, jaket tebal, sarung tangan, celana panjang, serta sepatu sol tebal.

Baca juga: Bahaya Naik Motor Tidak pakai Helm, Fatalitas Bisa Meningkat

Ilustrasi helm motor dengan flat visor, alias kaca rataKompas.com/Daafa Alhaqqy Ilustrasi helm motor dengan flat visor, alias kaca rata

“Kalau dalam ilmu safety riding, 5 apparel ini hukumnya wajib digunakan saat berkendaara. Enggak peduli itu motor skutik, bebek, sport, wajib pakai 5 apparel ini,” kata dia kepada Kompas.com, Rabu (6/12/2023).

Fungsi dari penggunaan apparel tersebut jelas, yakni untuk mengurangi efek cedera akibat kecelakaan, dan mencegah terjadinya komplikasi, alias bahaya yang bisa mengancam nyawa.

Agus menjelaskan, dalam kecelakaan motor, cukup banyak juga dijumpai kasus meninggal akibat luka berkepanjangan. Pengendara memang tidak meninggal di tempat, namun cedera yang diderita sudah terlalu parah.

Baca juga: Orang Indonesia Masih Belum Paham Manfaat Pakai Helm Saat Berkendara

Ilustrasi kecelakaan motorgas2.org Ilustrasi kecelakaan motor

“Misalnya terkena pendarahan dalam, atau patah tulang lalu infeksi. Ini kan bahaya sekali, bisa diamputasi, atau meninggal di rumah sakit,” kata dia.

Menurutnya, sikap disiplin menggunakan peralatan berkendara lengkap masih belum sepenuhnya dilakukan oleh masyarakat. Pola ini sebaiknya diubah, dan mulai ditumbuhkan kesadaran untuk selalu bersikap aman.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250