banner 728x250
Index  

Jalan Sudirman Medan yang Sempat Viral Kembali Dibuka, Bobby Nasution: Sudah Aman Dilalui Kendaraan

Jalan Sudirman Medan yang Sempat Viral Kembali Dibuka, Bobby Nasution: Sudah Aman Dilalui Kendaraan
banner 120x600
banner 468x60

SuaraSumut.id – Pemerintah Kota atau Pemkot Medan kembali membuka Jalan Sudirman, Medan, yang sempat ditutup setelah viral sejumlah pengendara tergelincir, Sabtu (16/12/2023) pukul 00.00 WIB.

Wali Kota Medan Bobby Nasution turun langsung memantau pembukaan akses jalan tersebut. Sebelum dibuka, Bobby terlebih dahulu mengecek kondisi jalan dan marka jalan di sekitar lokasi.

banner 325x300

Sejumlah barrier yang terpasang di Jalan Sudirman sejak Selasa 21 November 2023, perlahan dibongkar oleh petugas.Suasana di lokasi yang semula sepi, perlahan mulai ramai dilewati pengendara motor dan mobil.

Sejumlah kendaraan yang melintas dari arah Jalan Sudirman menuju Jalan Suprapto maupun Jalan Ir H Juanda tampak lewat dengan lancar.

Bobby menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atas viralnya video pengendara yang tergelincir saat melewati persimpangan jalan tersebut. Dirinya menyatakan bahwa Jalan Sudirman kini sudah aman dilalui pengendara.

“Apa yang dikeluhkan oleh masyarakat Medan dan pengguna jalan di Sudirman ini tidak terjadi lagi dan kita sudah tes, baik secara data ilmiahnya ya, dan data di lapangan sudah kita tes, sudah aman dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat,” kata Bobby.

Jalan Sudirman Medan. [FokusFakta.com/ M.Aribowo]
Jalan Sudirman Medan. [FokusFakta.com/ M.Aribowo]

Menantu Presiden Jokowi ini mengaku pihaknya tidak banyak melakukan perubahan terhadap kondisi jalan yang sebelumnya dikeluhkan licin tersebut.

“Karena memang pekerjaannya itu ada gambar kerjanya, paling memang ada beberapa kemarin penggunaan marka dan catnya, ada beberapa yang kurang sesuai itu ada yang diganti,” ungkapnya.

Bobby mengatakan ruas intersection di Jalan Sudirman gunanya untuk perlambatan bukan untuk kebut-kebutan.

“Kita kerjasama dengan Polrestabes, dengan Satlantas agar bagaiamana masyarakat kita bisa tertib berlalu lintas termasuk tertib (mematuhi) rambu-rambu termasuk traffic light,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan Topan Ginting menambahkan, sebelum membuka kembali jalan tersebut pihaknya telah melakukan serangkaian uji coba pada 13 Desember 2023 dan dipastikan aman.

“Telah dilakukan tes ketahanan gesek yang dilakukan bersama Dinas Perhubungan, Polantas, dan dari ahli Teknik Sipil USU,” jelasnya.

Kadis Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis menjelaskan, permukaan aspal telah memenuhi syarat aman untuk dilewati pengendara.

Namun demikian, Iswar meminta pengendara memperlambat kendaraan menjadi 15 km/jam saat melewati persimpangan Jalan Sudirman.

“Permukaan aspal telah memenuhi syarat dan pengendara yang melintas diperlambat 15 km per jam,” cetusnya.

Tidak hanya Jalan Sudirman yang dibuka, kata Iswar, akan tetapi Jalan Mengonsidi dan Jalan Pattimura akan kembali seperti semula.

“Jalan Mongonsidi kembali satu arah, Jalan Pattimura satu arah, dan Jalan Sudirman kembali satu arah,” katanya.

Kontributor : M. Aribowo

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250