banner 728x250
News  

Penyebab Kecelakaan Bus PO Handoyo di Purwakarta, 12 Orang Penumpang Tewas

Penyebab Kecelakaan Bus PO Handoyo di Purwakarta, 12 Orang Penumpang Tewas
banner 120x600
banner 468x60

FokusFakta.com – Polda Jawa Barat mengindikasikan, tergulingnya bus PO Handoyo di ruas Tol Cipali, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat pada Jumat (15/12/2023) sore, yang menyebabkan kematian 12 penumpang, disebabkan oleh kehilangan kendali pengemudi atas kendaraan tersebut.

“Setibanya di TKP (tempat kejadian perkara) saat melaju di jalan yang menikung ke kiri, diduga pengemudi kurang antisipasi sehingga kendaraan oleng tidak terkendali menabrak guardril. Selanjutnya kendaraan terbalik miring, roda kiri di atas di badan jalan menghadap arah selatan,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Barat Komisaris Besar Polisi Ibrahim Tompo kepada wartawan.

banner 325x300

“Sementara sopir diamankan di Markas Polres Purwakarta dengan kondisi luka ringan. Para korban dievakuasi ke rumah sakit terdekat dan bus sudah dilakukan evakuasi,” lanjut dia.

Tompo menjelaskan bahwa insiden kecelakaan tunggal yang melibatkan bus PO Handoyo di ruas Tol Cipali terjadi pada Jumat sore sekitar pukul 15.15 WIB. Peristiwa tersebut dimulai ketika bus menuju Jakarta itu melenceng dan bertabrakan dengan pembatas jalan di tikungan dekat Gerbang Tol Cikopo, Bungursari, Kabupaten Purwakarta.

Setelah kehilangan kendali dan menabrak pembatas jalan, bus secara instan terguling di lokasi kejadian. Tergulingnya bus tersebut menyebabkan ruas jalan di tikungan tersebut terblokir, mengakibatkan kemacetan lalu lintas yang signifikan.

Diperkirakan bahwa bus yang terlibat kecelakaan tersebut membawa sekitar 20 penumpang, di mana sebagian dari mereka terlempar keluar saat kejadian terguling, sementara sebagian lainnya masih terperangkap di dalam bus.

“Akibat dari kecelakaan tersebut, sementara ini ada 12 orang meninggal dunia, yakni tiga laki laki dan sembilan perempuan di RS Abdul Rojak. Tujuh orang luka ringan terdiri dari lima laki laki dan dua perempuan di RS Siloam,” kata Tompo, dikutip dari Antara.

Sementara itu, Kasubdit Gakkum Polda Jabar Ajun Komisaris Besar Polisi Lalu Wira Sutriana menambahkan evakuasi bus PO Handoyo yang mengalami kecelakaan tunggal segera dilakukan oleh petugas agar tidak menimbulkan kemacetan semakin panjang.

“Upaya evakuasi badan bus dilakukan menggunakan alat berat,” ucapnya.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250