banner 728x250

Toyota Pertahankan Mesin Konvensional untuk Mobil Balap

Toyota Pertahankan Mesin Konvensional untuk Mobil Balap
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota memang terus mengembangkan kendaraan elektrifikasi untuk menghasilkan kendaraan yang ramah lingkungan. Tapi, bukan berarti mesin konvensional akan ditinggalkan begitu saja.

Dikutip dari Autocar.co.uk, Rabu (6/12/2023), Toyota Gazoo Racing (TGR) berencana untuk mempertahankan mesin konvensional mobil sport-nya. Rencananya, mesin tersebut akan dikawinkan dengan bahan bakar hidrogen untuk penggunaan di dunia balap.

banner 325x300

Baca juga: Toyota Land Cruiser Mesin Hidrogen Segera Meluncur

Belum lama ini, Toyota mengungkapkan bahwa mobil konsep FT-Se akan menjadi mobil listrik pertama GR. Toyota telah merinci sejumlah inisiatif untuk memastikan bahwa mobil sport listrik dapat menarik perhatian.

Mobil balap Toyota bermesin GR Yaris yang menggunakan bahan bakar hidrogen cairDok. Carscoops.com Mobil balap Toyota bermesin GR Yaris yang menggunakan bahan bakar hidrogen cair

Manajer GR Masahito Watanabe, mengatakan, elektrifikasi bukanlah prioritas untuk GR. Toyota juga akan mengembangkan mesin hidrogen untuk menyelamatkan mesin konvensionalnya.

“Kami masih berpikir bahwa mesin pembakaran internal memiliki beberapa potensi dan, seiring dengan itu, kami tentu saja akan berusaha untuk mematuhi semua aturan yang berlaku sesuai dengan wilayah di masing-masing negara,” kata Watanabe.

Baca juga: Toyota HiAce Mesin Hidrogen Mulai Tes Jalan di Australia

Toyota GR Corolla bermesin hidrogenDok. Carbuzz.com Toyota GR Corolla bermesin hidrogen

“Tapi kami tidak ingin menyerah. Ini belum berakhir, karena jika Anda melihat mesin pembakaran internal, masih ada pembakaran hidrogen yang bisa menjadi bagian dari jajaran mobil tanpa emisi, jadi saya pikir itu akan terus berlanjut,” ujar Watanabe.

Toyota bahkan sampai mendirikan pusat pengembangan hidrogen di Eropa. Bukti keseriusan lainnya adalah GR Corolla bermesin hidrogen digunakan untuk balapan pada ajang balap ketahanan Super Taikyu Series di Jepang.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250