banner 728x250

Cerita Bos Juragan 99 Trans, dari Bisnis Kecantikan sampai Punya PO Bus

Filosofi Nama PO Juragan 99 Trans
banner 120x600
banner 468x60

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Nama perusahaan otobus (PO) Juragan 99 Trans kini menjadi salah satu layanan bus pariwisata dan bus AKAP yang meramaikan transportasi di Indonesia.

banner 325x300

Sejak awal kemunculannya, PO ini terus menarik perhatian lantaran membuat gebrakan dengan berbagai layanan dan fasilitas bus premium. Bahkan, rencananya tahun depan akan ada penambahan sejumlah unit bus dan trayek baru untuk memperkuat bisnis mereka. 

Pemilik PO Juragan 99 Trans, Gilang Widya Pramana mengatakan, PO Juragan 99 Trans diluncurkan pertama kali pada 2018 dimana fokus pada layanan pariwisata. 

“Beli bus itu tidak murah karena satu bus bisa Rp 2,5 miliar. Jadi dari mana modalnya? Ini murni dari modal saya pribadi karena saya mulai bisnis industri kecantikan dengan istri itu tahun 2013. Bisnis saya berkembang karena awalnya jualan online. Kemudian dari situ saya juga punya kos-kosan di Malang,” kata Gilang di J99 Tower, Pasar Minggu Jakarta Selatan, Selasa (5/12/2023).

Baca juga: Pemutihan Pajak Kendaraan di Kalimantan Utara sampai 23 Desember 2023

Dari usaha industri kencantikan dengan nama MS Glow tersebut, Gilang mengatakan dia kerap menggunakan keutungan yang dia peroleh untuk memberi mobil mewah dengan harga fantastis.

Hanya saja mobil tersebut jarang terpakai usai dibeli. Maka dari itu di memutuskan untuk membuka usaha baru yaitu PO Juragan 99 Trans. 

“Ketika itu saat saya pegang uang saya langsung belinya super car. Saya beli Ferarri dan sebagainya. Harganya bisa sampai Rp 12 miliar, tapi mobilnya jarang di pakai. Akhirnya saya kepikiran kenapa tidak jalankan mimpi saya yang sejak lama yaitu  membuka usaha bus,” kata Gilang. 

Pemilik PO Juragan 99 Trans, Gilang Widya Pramana KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Pemilik PO Juragan 99 Trans, Gilang Widya Pramana

Dia juga mengatakan, sudah menggemari dunia bus sejak lama karena sejak SMP sampai kuliah pernah menjadi pemandu wisata.

Maka dari itu begitu sudah punya kemampuan finansial untuk membeli bus, Gilang langsung memperlajari tentang industri mengelola PO. Mulai dari memilih jenis sasis, karoseri terbaik dan harga jual kembali unit. 

Baca juga: Penjualan Tesla Masih Anjlok di China walau Sudah Diskon

Sebagai awal kiprahnya, dia membeli lima unit bus untuk divisi pariwisata.  Jelang beberapa tahun, diadakan layanan bus AKAP. 

Kini divisi bus AKAP PO Juragan 99 Trans punya trayek yang melayani Malang atau Surabaya menuju Jakarta pulang pergi. Lalu ada pula trayek Malang menuju Denpasar pulang pergi. 

“Kita tidak mau ambil pasar yang sudah banyak pada umumnya, maka dari itu bus kita memberikan layanan dan fasilitas premium. Mungkin ini sedikit berani, tapi saya yakin karena punya visi dan mimpi. Harapannya Juragan 99 Trans ini bisa jadi alternatif untuk bepergian selain memakai kereta api dan pesawat dengan fasilitas premium kita yaitu bus sleeper,” kata Gilang. 


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250