banner 728x250
Lebak, News  

27 Kamar Santri di Lebak Ludes Terbakar

banner 120x600
banner 468x60

LEBAK | TR.CO.ID

Diduga akibat konsleting listrik 27 kamar santri dan santriwati pondok pesantren (Ponpes) Salafi Miftahul Ulum yang berlokasi di Kampung Oteng Cupu, Desa Padasuka, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, hangus terbakar, Sabtu (16/12) sekira pukul 09.30 WIB.

banner 325x300

Anwar Rudih, pemilik Ponpes mengatakan, jika kebakaran diduga akibat konsleting listrik disalah satu kamar santri. Kejadian itu diketahui bermula ketika seorang santri mencium aroma terbakar didalam satu kamar, setelah diteliti secara seksama, diketahui bau terbakar tersebut berasal dari percikan api yang kemudian langsung membesar dan merambat ke kamar kamar yang lainnya.

“Diduga akibat konsleting listrik di salah satu kamar santri, dan langsung merambat ke kamar santri lainnya. Sehingga ada sekitar 27 kamar santri yang hangus terbakar,” kata Anwar Rudih, kepada wartawan di lokasi kejadian, Sabtu (16/12/23).

Ia mengungkapkan, akibat kejadian kebakaran tersebut semua barang Santri yang berada di 27 kamar semuanya hangus terbakar dan tidak ada yang bisa diselamatkan. Lantaran, bangunan pesantren terbuat dari bahan bahan yang mudah terbakar semisal triplek dan kayu.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun 27 kamar dan barang-barang santri ikut terbakar, ada puluhan baju serta kitab santri yang juga ikut terbakar,” ujarnya.

Sementara itu, Komandan regu Damkar Lebak, Evi mengatakan, jika anggota yang mendengar kebakaran tersebut langsung menuju ke lokasi untuk melakukan pemadaman. Kata dia, Damkar menerjunkan dua unit untuk membantu memadamkan api.

“Anggota menerjunkan 2 unit mobil Damkar untuk melakukan pemadaman, dan Alhamdulillah api bisa dipadamkan oleh petugas Damkar yang dibantu oleh warga sekitar,” ucapnya.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kabupaten Lebak, Febby Rizky Pratama membenarkan adanya kejadian kebakaran di ponpes Salafi Miftahul Ulum. Akibat musibah itu, kerugian yang dialami oleh pesantren ditaksir sekitar Rp100 juta, saat ini pihaknya langkah awal mengirimkan bantuan kedaruratan.

Kerugian yang ditaksir sekitar Rp100 juta, sementara kita kirimkan bantuan logistik kedaruratan, kata Febby.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250