banner 728x250

Mitos atau Fakta, Wajib Injak Pedal Gas Sebelum Matikan Mesin Mobil?

Mitos atau Fakta, Wajib Injak Pedal Gas Sebelum Matikan Mesin Mobil?
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebelum mematikan mesin mobil, biasanya ada beberapa tindakan yang sudah dijadikan kebiasaan oleh pengendara. Contohnya seperti memasang rem tangan, mematikan AC, atau menutup kaca spion.

Selain yang sudah disebutkan, masih ada satu lagi kebiasaan unik dan cukup sering dijumpai, yakni menginjak pedal gas selama beberapa saat.

banner 325x300

Kebiasaan menginjak pedal gas sebelum mematikan mobil diklaim memiliki bermacam efek dan fungsi. Alasannya cukup rancu, ada yang menyebut jika langkah ini bisa membersihkan knalpot, ada pula anggapan jika hal ini bisa mengisi daya aki.

Baca juga: Hindari Inden, Distributor Mobil Listrik Murah Ini Bakal CKD

Aki mobilDicky Aditya Wijaya Aki mobil

Faktanya, menginjak pedal gas tidak memiliki manfaat apapun. Kebiasaan semacam ini hanya berlaku untuk mobil-mobil tua lansiran tahun lama, bukan mobil baru.

Noval Al-Hudah, Teknisi Mitsubishi Prabu Pendawa Motor menjelaskan, pada mobil tua, menginjak pedal gas dilakukan untuk memompa bensin ke komponen karburator.

Jika karburator sudah terisi bensin, mobil akan terhindar dari cegukan, alias susah dinyalakan kembali setelah dimatikan.

Karena mobil-mobil lansiran terbaru sudah dibekali teknologi injektor, langkah semacam ini sudah tidak perlu lagi dilakukan, karena tidak ada gunanya.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil yang Kelamaan Mangkrak Bisa Cepat Rusak?

Tampilan mesin Innova ZenixKOMPAS.com/SENDY Tampilan mesin Innova Zenix

“Kalau mesin injeksi, bensinnya sudah otomatis dipompa sebelum mobil dinyalakan. Kan sudah kelihatan di spidometer, jarumnya pasti berputar dulu,” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (4/12/2023).

Noval juga menepis anggapan jika menginjak pedal gas sebelum mematikan mobil bisa mengisi daya aki. Menurutnya, arus listrik akan selalu tersalur, jadi tindakan semacam ini tidak perlu dilakukan.

“Intinya kalau mobil baru, sudah enggak perlu injak-injak pedal gas lagi. Kalau sudah diparkir, langsung dimatikan saja,” kata dia.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250