banner 728x250

Mobil Mau Ditinggal Lama, Lakukan Ini supaya Aki Tidak Soak

Kenapa Aki Tekor Bisa Bikin Mobil Boros BBM?
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah pengguna mungkin pernah menjumpai situasi merepotkan, yang mengharuskan mobil ditinggal dalam jangka waktu tidak menentu.

Jika mengalami situasi semacam ini, ada beberapa anjuran bermanfaat yang bisa dilakukan oleh pengguna supaya kondisi mobil tetap terjaga dan kerusakan bisa diminimalisasi.

banner 325x300

Salah satu komponen yang sangat mudah rusak jika ditinggal lama adalah aki mobil. Menyiasati hal ini, ada satu langkah mudah, cukup dengan mencabut kabel konektor aki.

Noval Al-Hudah, teknisi Mitsubishi Prabu Pendawa Motor, menjelaskan, aki yang kondisinya masih tersambung dengan konektor akan terus-menerus menyalurkan daya listrik walaupun jumlahnya kecil.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil yang Kelamaan Mangkrak Bisa Cepat Rusak?

Cara mudah memeriksa kondisi Aki mobil setelah mudik lebaranFreepik/Senivpetro Cara mudah memeriksa kondisi Aki mobil setelah mudik lebaran

“Lama-kelamaan bisa terkuras, sampai aki bocor. Kalau drop kelamaan dan enggak segera di-jumpstart, jadinya aki soak,” ucapnya kepada Kompas.com, Senin (4/12/2023).

Aki yang sudah dilepas dari konektor juga tidak perlu dipindahkan, dan bisa tetap disimpan di area kompartemen mesin. Arus listrik tidak lagi mengalir, jadi tidak perlu mengkhawatirkan bahaya soak.

Akan tetapi, ada poin yang harus diperhatikan terkait pemasangan kembali aki setelah lama ditinggal. Sebaiknya, pengguna tetap melakukan jumpstart.

“Buat amannya di-jumpstart dulu supaya arus listriknya normal lagi. Enggak perlu beli aki baru, dicoba dulu yang lama,” ucapnya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250