banner 728x250

Pengawasan Keamanan Pangan di Pasar Tradisional, Jelang Nataru

banner 120x600
banner 468x60

TANGERANG | TR.CO.ID

Dalam upaya memastikan keamanan pangan bagi warga menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah pasar tradisional besar di kota tersebut.

banner 325x300

Kepala DKP Kota Tangerang, Muhdorun, menjelaskan bahwa langkah ini merupakan bagian dari agenda rutin Pemkot untuk memastikan pasokan bahan pangan segar yang cukup serta menjamin keamanan produk yang dikonsumsi oleh warga.

“Kegiatan ini dirancang untuk menjamin ketersediaan stok kebutuhan bahan pangan segar dan menjamin keamanan produk yang dikonsumsi warga Kota Tangerang secara umum,” ujar Muhdorun, menekankan pentingnya perlindungan terhadap pangan yang sehat dan aman.

Namun, hasil dari inspeksi tersebut menunjukkan adanya temuan yang memprihatinkan. Di Pasar Malabar, Kecamatan Cibodas, dari 62 sampel yang diambil, sebanyak lima diantaranya positif mengandung formalin atau boraks. Begitu juga di Pasar Ramadhani, Kecamatan Karawaci, dua dari 51 sampel juga positif mengandung bahan berbahaya tersebut.

Lebih lanjut, sidak terbaru di Pasar Green Lake City, Kecamatan Cipondoh, menemukan bahwa dari 67 sampel yang diperiksa, enam diantaranya positif mengandung formalin dan boraks. Produk yang terindikasi positif mengandung zat-zat berbahaya ini antara lain mie kuning basah, tahu putih, tahu, dan cokelat.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni, mengimbau masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas dengan selalu memeriksa kemasan, label, izin edar, serta tidak tergoda dengan tampilan yang berlebihan pada produk makanan.

“Pengawasan keamanan pangan akan terus ditingkatkan di seluruh pasar Kota Tangerang. Masyarakat diimbau untuk memanfaatkan Pojok Uji Keamanan Pangan Segar yang tersedia di 17 pasar tradisional dan 4 supermarket di Kota Tangerang sebagai bagian dari kewaspadaan,” tambahnya.

Langkah tegas dari pemerintah setempat diharapkan dapat memastikan keamanan pangan bagi masyarakat, sambil memberikan peringatan serius bagi para penjual untuk menjaga kualitas dan keamanan produk yang dijual, terutama menjelang perayaan akhir tahun ini.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250