banner 728x250

Alasan Volvo Tidak Jual Sedan di Indonesia

Target Penjualan Volvo 2024 Cuma 200 Unit Setahun
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah sebelumnya hengkang pada 2017, Volvo Cars kembali hadir di industri otomotif Indonesia pada Agustus 2023 lalu.

Pabrikan asal Swedia ini langsung menjual empat kendaraan elektrifikasi, yakni XC40 electric vehicle (EV), XC90 Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), XC60 PHEV dan XC40 PHEV.

banner 325x300

Jika diperhatikan, semua lini produk yang ditawarkan oleh Volvo saat ini berjenis sport utility vehicle (SUV). Hal ini tentu sedikit berbeda dengan citra Volvo sebagai brand premium yang biasanya menawarkan mobil berjenis sedan.

Baca juga: Jangan Lupa Isi Saldo, Hari Ini Tarif Tol JORR, ATP, dan Pondok Aren-Ulujami Naik

Lantas, mengapa Volvo hanya menjual kendaraan berjenis SUV di Indonesia?

Menjawab hal ini, Haryanto Djayaputra, GM Operations Volvo Cars Indonesia mengatakan, saat ini lini produk Volvo memang lebih mengarah ke segmen SUV.

Generasi terbaru S90 sudah menggunakna platform global terbaru Volvo Cars.Agung Kurniawan/KompasOtomotif Generasi terbaru S90 sudah menggunakna platform global terbaru Volvo Cars.

“Sebenarnya tidak hanya untuk Indonesia, tetapi negara lain juga mulai mengarah ke SUV,” ucap pria yang akrab disapa Toto, saat ditemui di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Menurut Toto, ini dikarenakan mobil berjenis SUV memiliki kegunaan yang lebih luas dibandingkan mobil sedan.

Baca juga: Daftar Motor Listrik Subsidi per Desember 2023, Ada 39 Model

“Karena yang pertama dari ground clearance (lebih tinggi) dan kegunaan suv lebih luas dibanding sedan. Sedan tetap ada, tapi lebih mengarah ke SUV,” ucap Toto.

Sebelumnya, pabrikan asal Swedia ini terkenal dengan mobil sedan Volvo 960 produksi 1991. Mobil ini sempat menjadi kendaraan menteri pada era orde baru. Namun, saat ini kendaraan jenis sedan sudah tidak dipasarkan di Indonesia.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250