banner 728x250

Denny Sumargo Bersyahadat, Bagaimana Hukum Non Muslim Mengucapkan Syahadat?

Denny Sumargo Bersyahadat, Bagaimana Hukum Non Muslim Mengucapkan Syahadat?
banner 120x600
banner 468x60

FokusFakta.com – Denny Sumargo menggunggah sebuah video di Instagram pribadinya yang memperlihatkan momen ia mengucap dua kalimat syahadat. Hal ini tentu menghebohkan publik, pasalnya Denny Sumargo adalah non muslim. Lantas bagaimana hukum non muslim mengucapkan syahadat.  

Pada awlanya Denny Sumargo tengah membahas tentang rukun Islam bersama dengan bintang tamunya, yakni Dery eks bassist Vierra. Seperti yang diketahui rukun Islam yang pertama yaitu mengucapkan dua kalimat syahadat. 

banner 325x300

Dery yang telah mendalami agama Islam pun menjelaskan tentang bunyi kalimat syahadat kepada Denny Sumargo. Namun tak disangka, suami dari Olivia Allan itu turut mengucapkan syahabat bersama dengan Dery. 

Terdengar di dalam cuplikan podcast yang potongannya diunggah oleh Denny Sumargo di akun Instagram @sumargodenny, suami Olivia Allan itu mengikuti ucapan Dery. 

“Rukun Islam dari yang pertama syahadat. Pelan-pelan coba, enggak apa-apa. Ini sambil biar tahu pengetahuan, ya. Kan Rukun Islam ada berapa? Ada lima,” kata Dery sembari mengulang jawaban dari Densu. 

“Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah… Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan Nabi Muhammad adalah sesungguhnya utusan Allah,” sambung Denny Sumargo. 

Mantan Dita Soedarjo itu pun lantas penasaran dengan konsekuensi usai dirinya mengucapkan kalimat syahadat itu. Yang menjadi pertanyaan, apakah dirinya otomatis masuk Islam? 

“Serius nanya, emang kalau mengucapkan kalimat syahadat, otomatis masuk Islam?” tulis Denny Sumargo di kolom caption unggahannya. 

Hukum Non Muslim Mengucapkan Syahadat 

Mengenai hukum non muslim mengucapkan syahadat Ustaz Abdul Somad alias UAS pernah menjelaskannya di dalam sebuah majelis. Penjelasan UAS tentang potik ini terpantau masih diunggah di YouTube akun Jalan Keselamatan. 

“Jika non muslim mengucapkan syahadat, apakah otomatis dia masuk Islam meskipun sekadar bercanda?” ucap UAS membacakan pertanyaan dari salah satu jemaahnya, mengutip akun YouTube Jalan Kesalamatan. 

Berdasarkan penjelasan UAS, seorang non muslim yang mengucap kalimat syahadat tidak otomatis langsung masuk Islam. Menurut UAS, terdapat beberapa hal yang harus yakini, diimani dan dilakukan supaya orang itu hukumnya sah menjadi mualaf. 

“Kalau sekadar berbunyi, beo pun masuk Islam. Oleh sebab itu maka apa itu iman? Ada tiga, dinyatakan dengan lidah, dibenarkan hati, (dan) dilaksanakan dengan anggota tubuh. Ini serius, jangan main-main saja,” terang UAS. 

Penjelasan tentang hukum non muslim mengucap kalimat syahadat dari UAS ini,  selaras dengan keterangan yang termuat dalam laman resmi Nu Online.

Berdasarkan penjelasannya, disebutkan bahwa orang yang ingin memeluk agama Islam terlebih dulu harus mengucapkan kalimat syahadat serta menjalankan beberapa kewajiban sebagai muslim, seperti niat, sholat, puasa Ramadhan, membayar zakat serta ibadah lainnya. 

Menurut penjelasan dalam kitab Al-Ghunyah, karya Syekh Abdul Qadir Al-Jailani jika perkataan maupun pengucapan kalimat syahadat merupakan suatu bentuk formal seorang non muslim untuk masuk Islam. Sementara itu, amalan yang dilakukan setelahnya merupakan “ruhnya” atau dalam bahasa Indonesia adalah nyawa. 

Itulah tadi ulasan tentang hukum non muslim mengucapkan syahadat. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari


banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250