banner 728x250

Toyota Hilux Hybrid 48V Diperkenalkan di Eropa

Toyota Hilux Hybrid 48V Diperkenalkan di Eropa
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Hilux generasi terbaru akan mengusung teknologi elektrifikasi. Pikap kabin ganda ini sekarang sudah disematkan sistem mild hybrid pada mesin diesel andalannya.

Dikutip dari Newsroom.toyota.eu, Senin (4/12/2023), Toyota memperkenalkannya dengan Hilux Hybrid 48V. Toyota mengeklaim bahwa pikap ini mengalami peningkatan pada performa berkendara dan kenyamanan, baik untuk perjalanan di aspal maupun tanah.

banner 325x300

Baca juga: Lihat Hilux Champ Langsung di Thailand Motor Expo 2023

Mesin diesel 2.8 L yang disematkan pada pikap kabin ganda ini sekarang diperkuat dengan sistem hybrid 48V. Sistem mild hybrid ini didesain khusus untuk pikap multifungsi seperti Hilux.

Toyota Hilux Hybrid 48VDok. Toyota Toyota Hilux Hybrid 48V

Mesin menggerakkan generator motor yang ringkas menggunakan sistem sabuk, yang pada gilirannya mengisi daya baterai lithium 48V yang baru. Baterainya cukup kecil untuk dipasang di bawah kursi belakang untuk meminimalkan dampak pada ruang kabin dan beratnya hanya 7,6 kg. Baterai 48V ini juga memasok sistem 12V kendaraan melalui konverter DC/DC baru.

Selayaknya sistem full hybrid electric Toyota, baterai baru ini diisi selama perlambatan percepatan, secara efisien meregenerasi energi pengereman, sekaligus menambah kinerja pengereman.

Setelah terisi, baterai mengirimkan daya hingga 16 tk dan torsi 65 Nm melalui generator motor ke mesin untuk meningkatkan akselerasi, tenaga, dan efisiensi.

Baca juga: Toyota Hilux Champ Bisa Jadi LCV Serbaguna Sampai Motorhome

Generator motor yang kuat ini ringkas dan telah dirancang untuk tahan terhadap lingkungan kerja yang lebih keras yang dialami oleh kendaraan komersial. Sementara mesinnya, telah dimodifikasi untuk beradaptasi dengan sistem hybrid.

Toyota Hilux Hybrid 48VDok. Toyota Toyota Hilux Hybrid 48V

Tensioner sabuk dua lengan yang baru dan bahan sabuk yang lebih kuat berkontribusi pada peningkatan kemampuan berkendara dan pengendaraan yang lebih senyap, namun tetap mempertahankan daya tahan Hilux yang terkenal.

Mesin 2.8 L, DOHC, 16 katup, mampu menghasilkan tenaga hingga 204 tk pada 3.400 rpm dan torsi 500 Nm di rentang 1.600 rpm hingga 2.800 rpm. Toyota mengeklam Hilux Hybrid 48V aman mengonsumsi bahan bakar biosolar B100.

Toyota Hilux Hybrid 48VDok. Toyota Toyota Hilux Hybrid 48V

Ubahan lainnya ada pada panel meter, di mana terdapat indikator baterai. Selain itu, Toyota juga menyematkan lima pilihan mode berkendara Multi Terrain Select, yakni Auto, Dirt, Sand, Mud, dan Deep Snow.

Dengan penggunaan sistem mild hybrid, Toyota mengeklaim konsumsi BBM yang dihasilkan Hilux terbaru ini lebih baik lima persen dibanding model sebelumnya.

Toyota Hilux Hybrid 48V dijadwalkan akan tersedia di pasar Eropa pada pertengahan 2024.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250