banner 728x250

Gak Terima Cak Imin Dibikin Malu Gegara SGIE, Anies: Ini Format Cerdas Cermat Hapalan?

Gak Terima Cak Imin Dibikin Malu Gegara SGIE, Anies: Ini Format Cerdas Cermat Hapalan?
banner 120x600
banner 468x60

FokusFakta.com – Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan membela pasangan cawapresnya yakni Muhaimin Iskandar usai dipermalukan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dengan istilah SGIE atau State of Global Islamic Economy (SGIE).

Ia tidak mempermasalahkan dengan pertanyaan Gibran, tetapi menyerahkan kepada masyarakat untuk menilainya.

banner 325x300

“Tapi sebagai pertanyaan tentu sah-sah saja dan publik akan menilai apakah memang ini format cerdas cermat untuk hapalan atau ini format tentang ideologi gagasan nilai yang kemudian diwujudkan dalam kebijakan,” kata Anies usai debat cawapres di Hall Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Anies menjelaskan, untuk di level kepemimpinan nasional itu, pertanyaan yang pantas diajukan seharusnya menyentuh hal yang substansial.

Karena menurutnya, jawaban dari pertanyaan yang diajukan Gibran itu sesungguhnya sudah bisa didapatkan di mesin pencarian Google.

“Karena yang dibutuhkan di tingkat kepemimpinan nasional adalah hal-hal yang substantif dan ini yang seungguhnya dibawa (dalam debat Pilpres),” ujarnya.

Cak Imin Bingung

Cak Imin tampak kebingungan ketika dilemparkan pertanyaan oleh Gibran dalam debat cawapres.

Awalnya Gibran bertanya kepada Cak Imin soal peningkatan peringkat SGIE Indonesia saat ini.

Mendapat pertanyaan itu, Cak Imin mengaku tidak tahu tentang apa itu SGIE.

“Terus terang saya kurang paham apa itu SGIE,” jawab Cak Imin dalam Debat Kedua Calon Presiden dan Wakil Presiden di JCC, Jakarta Jumat (22/12/2023).

Karena tidak tahu apa itu SGIE, moderator pun bertanya apakah ada jawaban lain dari Cak Imin karena waktu untuk menjawab pertanyaan terus berjalan.

Cak Imin pun bersedia untuk menstop waktu kesempatan untuk menjawab. “Tidak apa-apa karena saya belum pernah mendengar SGIE apa,” jawab Cak Imin.

Moderator pun mempersilahkan Gibran untuk menimpali pertanyaan yang dimaksud dan menjelaskan apa itu SGIE.

“Gus kita kan sedang fokus untuk mengembangkan ekonomis syariah, makanan halal, skin care halal, otomatis kita juga harus paham SGIE apa itu. Jadi SGIE itu State of the Global Islamic Economy. Jadi mohon maaf jika pertanyaan agak sulit Gus,” kata Gibran.


banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250