banner 728x250
Health  

Pola Asuh dan Hubungan Emosional Keluarga Kunci Menjaga Kesehatan Jiwa, Bagaimana Melakukannya?

Pola Asuh dan Hubungan Emosional Keluarga Kunci Menjaga Kesehatan Jiwa, Bagaimana Melakukannya?
banner 120x600
banner 468x60

FokusFakta.com – Menjaga kesehatan jiwa menurut pakar harus dimulai dari unit terdekat, yakni keluarga. Dengan komunikasi dan hubungan yang baik, kesehatan jiwa anggota keluarga bisa terjaga.

Pentingnya meningkatkan keterhubungan emosional antaranggota keluarga sebagai upaya menjaga kesehatan mental menjadi fokus utama dalam diskusi Perempuan dan Kesehatan Jiwa yang diselenggarakan oleh Kaukus Masyarakat Peduli Kesehatan Jiwa. Dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun 2023. Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Moeloek dan Prof. Tjhin Wiguna, sebagai narasumber utama, membahas beragam aspek terkait, mulai dari pola asuh hingga peran perempuan dalam memelihara kesehatan jiwa.

banner 325x300
Ilustrasi kesehatan jiwa. (Elements Envato)
Ilustrasi kesehatan jiwa. (Elements Envato)

Tidak ada pola asuh standar yang dapat diterapkan secara universal, demikian disampaikan dalam diskusi tersebut. Prof. Tjhin Wiguna menegaskan bahwa edukasi adalah kunci utama dalam menjaga kesehatan mental, yang tidak dapat disamakan dengan penanganan masalah fisik.

Meskipun komunikasi digital dapat mempertahankan keterhubungan, kekurangan emosi dan perasaan dapat terjadi. Tjhin Wiguna mengajak untuk lebih sering melakukan pertemuan tatap muka, karena meskipun teknologi memungkinkan pertemuan virtual, keberadaan aspek emosional tetap krusial.

“Kita harus memperbanyak pertemuan tatap muka. Lewat zoom bisa tetap bertemu tetapi tidak ada emosional,” ujarnya kepada wartawan.

Dalam konteks pola asuh, Prof. Tjhin Wiguna menekankan bahwa tidak ada rumus baku karena dipengaruhi oleh faktor kultur, kepribadian, latar belakang pendidikan, dan nilai-nilai yang dianut. Edukasi dan psikoedukasi masyarakat dianggap perlu dilakukan secara luas dan menyeluruh.

Mantan Menteri Kesehatan Prof. Nila Moeloek menyoroti revolusi teknologi komunikasi yang membawa perubahan dalam pola asuh anak-anak. Dia mengimbau untuk mengedukasi orang tua tentang pentingnya adaptasi dalam mendidik anak, terutama dengan kemajuan teknologi. Perempuan, menurutnya, memiliki tanggung jawab berat, dan ia mendorong mereka untuk tetap meningkatkan pengetahuan, meskipun meninggalkan bangku pendidikan.

“Kadang-kadang kita harus mengalah supaya dapat mendekati anak-anak, supaya tetap bisa berkomunikasi,” ujarnya.

Pentingnya pendidikan pada anak dimulai sejak masa kehamilan hingga masa menyusui. Prof. Nila Moeloek mengingatkan bahwa kekerasan pada masa 1000 hari pertama kehidupan dapat berdampak pada kesehatan mental anak di masa mendatang. Pendidikan tanpa kekerasan dianggap sebagai upaya yang berdampak positif.

Ide Aktivitas Akhir Pekan Bersama Keluarga

kegiatan akhir pekan bersama keluarga tidak hanya memberikan waktu istirahat, tetapi juga memberikan manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, serta kesehatan mental keluarga. Penelitian menunjukkan bahwa quality time keluarga dapat mengurangi stres, meningkatkan kesehatan mental anak, prestasi akademik, dan rasa percaya diri. Lalu, apa saja aktivitas yang bisa dilakukan?

Ilustrasi akhir pekan bersama keluarga (Freepik.com/tirachardz)
Ilustrasi akhir pekan bersama keluarga (Freepik.com/tirachardz)

Menggali Kreativitas DIY di Rumah

Orangtua dan anak dapat mengekspresikan jiwa seni mereka dengan proyek DIY (Do It Yourself) di rumah. Pilih proyek kreatif seperti membuat kerajinan tangan, lukisan, kandang hewan, memasak, atau dekorasi unik.

Maraton Film di Rumah

Nikmati hiburan tanpa harus keluar rumah dengan memilih beragam film favorit. Buat ruangan yang nyaman dengan bantal dan selimut, sambil menikmati maraton film. Sediakan popcorn sebagai teman nonton.

Makan Siang Bersama Keluarga atau Teman

Buat suasana akhir pekan lebih meriah dengan mengajak keluarga atau teman makan siang di luar rumah. Pilih menu paket yang sudah disediakan untuk menghindari kerumitan memasak.

Piknik di Taman dengan Minuman Kekinian

Nikmati udara segar dengan piknik di taman. Bawa tikar piknik, makanan lezat, dan minuman kekinian untuk menambah keseruan kegiatan bersama keluarga.

Jalan-Jalan Santai di Lingkungan Sekitar

Berjalan-jalan santai di sekitar lingkungan, seperti taman kota, tepi pantai, atau area hijau, dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Ajak teman atau keluarga untuk lebih seru dan menyenangkan.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250