banner 728x250

Tips Beli Mobil Bekas di Balai Lelang, Jangan Terpaku Odometer Saja

Tips Beli Mobil Bekas di Balai Lelang, Jangan Terpaku Odometer Saja
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Membaca jarak tempuh di odometer biasanya menjadi patokan awal konsumen saat hendak membeli mobil bekas. Namun di balai lelang, langkah semacam ini tidak dianjurkan.

Secara logika, mobil dengan jarak tempuh rendah berpeluang punya kondisi mesin masih baik, karena tidak terlalu banyak digunakan.

banner 325x300

Akan tetapi, menimbang balai lelang hanya mengandalkan inspeksi alakadarnya untuk mobil bekas yang dijual, ada pula kemungkinan jika kondisi unit tidak sebaik perkiraan awal.

Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani, menjelaskan, kondisi mobil bekas yang dijual di balai lelang bisa dikatakan cukup abu-abu. Kualitasnya bisa saja baik, namun bisa pula sebaliknya.

Baca juga: Berjalan Dua Pekan, Wuling Kantongi Lebih dari 2.000 SPK BinguoEV

Ilustrasi lelang kendaraan di balai lelang JBAKompas.com/Daafa Alhaqqqy Ilustrasi lelang kendaraan di balai lelang JBA

“Odometer itu nggak bisa jadi patokan kalau beli di balai lelang, soalnya kan kita enggak tahu, pengguna sebelumnya itu makai mobilnya bagaimana,” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (1/12/2023).

Menurut Juni, teknik minimal untuk menakar kualitas mobil bekas adalah dengan cara berkendara singkat. Hal ini bisa membantu konsumen untuk merasakan sensasi semua komponen, mulai dari pedal gas, transmisi, serta kaki-kaki.

Sayangnya langkah ini tidak bisa dilakukan, mengingat mobil bekas di balai lelang tidak boleh diajak keliling untuk test drive.

“Mau enggak mau, cuma bisa mengandalkan hasil inspeksi saja. Sebaiknya pilih yang nilai inspeksinya paling bagus, antara A atau B,” ucap Juni.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250