banner 728x250
Tekno  

Tiru iPhone, Android Akhirnya Punya Fitur Battery Health

Tiru iPhone, Android Akhirnya Punya Fitur Battery Health
banner 120x600
banner 468x60

FokusFakta.com – Google akhirnya segera memperkenalkan fitur Battery Health alias Kesehatan Baterai untuk HP Android. Ini mirip seperti yang ada di sistem operasi iOS untuk iPhone buatan Apple.

Sama seperti yang ada di iPhone, fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat status baterai apakah perlu diganti atau tidak, sebagaimana dilansir dari Android Authority, Senin (25/12/2023).

banner 325x300

Sebenarnya HP Android memiliki fitur untuk melihat statistik penggunaan baterai. Misalnya, pengguna bisa melihat aplikasi mana saja yang banyak menghabiskan daya baterai ponsel.

Namun mereka tidak bisa melihat persentase Battery Health alias kesehatan baterai layaknya pengguna iPhone. Mereka perlu menginstal aplikasi pihak ketiga untuk melihat status baterai.

Ini terlihat dari sistem operasi versi Android 14 QPR2 Beta 2 yang memperlihatkan opsi battery health. Meski tidak rinci, laman itu menampilkan informasi yang berisi ‘perkiraan persentase daya yang dapat ditampung baterai saat ini dibandingkan dalam kondisi baru.’

Sistem operasi versi baru itu juga menunjukkan ikon khusus seperti memperlihatkan kapasitas baterai yang berkurang atau status baterai yang tidak terdeteksi.

Selain itu, laman Settings alias Pengaturan ponsel di OS versi baru ini bakal memperlihatkan tips berupa cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan baterainya tetap sehat.

Sayang tidak ada informasi kapan fitur battery health ini diluncurkan ke ponsel Android. Kemungkinan fitur tersebut bakal hadir di versi Android 15 yang dirilis tahun depan.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250