banner 728x250

Pahami Perbedaan ETLE Mobile dan ETLE Statis

Pahami Perbedaan ETLE Mobile dan ETLE Statis
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) merupakan sistem penindakan pelanggaran lalu lintas, menggunakan teknologi elektronik untuk mendeteksi dan merekam pelanggaran secara otomatis.

Beberapa daerah sudah menerapkan ETLE Mobile. Namun, ada yang masih belum paham perbedaan ETLE Mobile dan ETLE statis atau biasa.

banner 325x300

Baca juga: Video Pengendara Motor Lepas Kendali di Belokan, Tabrak Motor Lain

ETLE Mobile memiliki fungsi yang sama seperti ETLE biasa, yaitu untuk merekam berbagai pelanggaran yang mungkin saja dilakukan pengendara kendaraan bermotor.

Untuk lokasi, ETLE Statis berada di titik strategis tertentu, seperti lampu lalu lintas atau persimpangan jalan. Sedangkan ETLE Mobile ditempatkan di seragam atau kendaraan petugas kepolisian.

Tampak lampu flash yang terpasang di kamera ETLE di bilangan Jalan A P Pettarani, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (10/10/2023).Kompas.com/Reza Rifaldi Tampak lampu flash yang terpasang di kamera ETLE di bilangan Jalan A P Pettarani, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (10/10/2023).

Sehingga, ETLE Mobile fleksibel karena pergerakannya terus berubah dari satu tempat ke tempat lain, mengikuti area patroli petugas.

Perlu diketahui, pelanggaran lalu lintas yang dapat direm ETLE Mobile dana seperti ETLE biasa. Pelanggaran terjadi seperti batas kecepatan maksimal, menggunakan ponsel ketika berkendara, pengendara motor tidak menggunakan helm, pengemudi yang tidak memasang sabuk pengaman, hingga angkutan baran over dimension overloading (ODOL).

Mengenai cara kerja ETLE, gambar pelanggar lalu lintas yang terekam disimpan dalam pusat ada. Kemudian sistem akan mencari informasi detail pelanggar sesuai Tanda Nomor Bermotor (TNKB) kendaraan pelanggar.

Baca juga: Alasan Understeer Lebih Mudah Dikendalikan Ketimbang Oversteer

Nantinya polisi akan mengirim surat konfirmasi ke alamat pemilik kendaraan melalui via pos. Surat berisi foto bukti pelanggaran, tempat waktu konfirmasi, dan atau serta kode referensi.

Jika pemilik kendaraan terkena ETLE harus melakukan konfirmasi, bisa di cek si situs ETLE Kepolisian Daerah (POLDA) masib.

Untuk konfirmasi Polda Metro Jaya ke tautan etle-pmj, sedangkan untuk Polda Jateng menggunakan jateng.tilang.id, untuk Polda Jabar ke etlejabar.id, kemudian Polda Jatim ke etle-jatim.infor.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250