banner 728x250

Biaya Servis Dinamo Starter Mobil yang Bermasalah

Jangan Cuek, Dinamo Starter Juga Butuh Perawatan
banner 120x600
banner 468x60

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Dinamo starter mobil yang mulai bermasalah akan membuat pemilik tidak nyaman. Sebab jika rusaknya mulai berat mobil akan sulit dihidupkan.

banner 325x300

Jika mobil sudah mulai sulit distarter atau mulai sulit dihidupkan maka ada dua pilihan pertama yaitu servis dan kedua ganti, bisa pakai dinamo starter bekas alias copotan atau beli unit baru.

Baca juga: Kredit Hyundai Stargazer Bisa DP mulai Rp 5 Juta

Jajang Setiawan, punggawa bengkel servis dinamo dan radiator, Anugrah Putra Tasik, di Cinere, Depok, mengatakan, biaya untuk servis dinamo starter bervariasi tergantung tingkat kesulitan.

Salah satu komponen yang cukup krusial di mobil ialah dinamo starter atau motor stater. Dinamo stater berfungsi sebagai pemutar atau penggerak mesin kendaraan saat awal mesin dihidupkan.
KOMPAS.com/Gilang Salah satu komponen yang cukup krusial di mobil ialah dinamo starter atau motor stater. Dinamo stater berfungsi sebagai pemutar atau penggerak mesin kendaraan saat awal mesin dihidupkan.

“Untuk jasa saja sekitar Rp 250.000 sampai Rp 350.000,” ujar Ujang panggilannya yang ditemui Kompas.com, di Depok, Jawa Barat, Rabu (29/11/2023).

“Tergantung tingkat kesulitan. Kadang kesulitan itu waktu bongkar pasangnya, jadi tergantung mobil. Pengalaman saya yang dulu-dulu itu BMW kalau untuk sekarang itu yang agak sulit itu Honda C-RV gen tiga,” katanya.

Ujang menyebut biaya untuk perbaikan tergantung tingkat kerusakan. Kemudian apakah pemilik mobil mau menggunakan komponen yang asli atau imitasi biasa disebut KW.

“Kalau perbaikan tergantung kerusakannya. Kalau ada kerusakan di carbon bruss, itu (pemilik) mau yang orisinil atau yang kualitas biasa, kalau carbon bruss itu paling murah Rp 75.000,” katanya.

Baca juga: Roadster Listrik MG Cyberster Meluncur di ASEAN

Berdasarkan penelusuran Kompas.com di situs jual beli online, untuk dinamo starter bekas layak pakai alias copotan berkisar antara Rp 500.000 sampai Rp 1 juta. Sedangkan untuk unit baru mulai RP 1,2 juta sampai Rp 2 jutaan tergantung mobil.
Foto: Tangkapan layar Berdasarkan penelusuran Kompas.com di situs jual beli online, untuk dinamo starter bekas layak pakai alias copotan berkisar antara Rp 500.000 sampai Rp 1 juta. Sedangkan untuk unit baru mulai RP 1,2 juta sampai Rp 2 jutaan tergantung mobil.

“Kemudian kalau otomatisnya (yang rusak) banyak juga yang jual pasaran, tergantung mobilnya juga, misal untuk Toyota Avanza untuk Denso Rp 350.000 sampai Rp 600.000 tergantung penjual,” katanya.

“Untuk waktu pengerjaan tergantung jenis mobilnya juga, kalau barangnya ada dengan bongkar pasang cuma 2,5 jam,” katanya.

Ujang mengatakan jika ingin ganti baru harganya saat ini di pasar cukup bervariasi.

“Kalau harga baru dinamo starter banyak, kalau yang orisinil bisa di atas Rp 1 juta,” katanya.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com di situs jual beli online, untuk dinamo starter bekas layak pakai alias copotan berkisar antara Rp 500.000-Rp 1 juta. Sedangkan untuk unit baru mulai Rp 1,2 juta sampai Rp 6 jutaan tergantung mobil.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250