banner 728x250

7 Bumbu Ayam Bakar, Cocok untuk Menu Makanan Malam Tahun Baru 2024

7 Bumbu Ayam Bakar, Cocok untuk Menu Makanan Malam Tahun Baru 2024
banner 120x600
banner 468x60

FokusFakta.com – Ayam bakar merupakan salah satu menu yang hampir disukai semua orang apalagi saat momen tahun baru. Terlebih, ada banyak bumbu ayam bakar yang bisa Anda coba supaya tidak bosan.

Bingung dengan bumbu ayam bakar seperti apa saja yang bisa dicoba untuk makanan atau bakar-bakaran tahun baru 2024 ini? Simak informasi berikut untuk tahu jawabannya.

banner 325x300

Bumbu ayam bakar

Ayam bakar adalah hidangan yang menggoda selera dan seringkali menjadi favorit di meja makan. Untuk menciptakan cita rasa yang tak terlupakan, pilihan bumbu yang tepat menjadi kunci utama.

Berikut adalah 7 macam bumbu ayam bakar yang akan membuat lidah Anda bergoyang.

1. Bumbu Kecap Manis Pedas

Gabungan antara manis dan pedas pada bumbu kecap memberikan kelezatan tersendiri. Ini merupakan salah satu bumbu yang paling mudah dibuat. 

Caranya, campur 4 sendok makan kecap manis, 2 cabai merah yang dihaluskan, 3 siung bawang putih cincang halus, dan air jeruk nipis. Marinasi ayam dengan bumbu tersebut selama 1-2 jam sebelum dibakar.

2. Bumbu Taliwang Khas Lombok

Suka dengan bumbu pedas? Bumbu Taliwang khas Lombok bisa menjadi pilihan yang pas.

Cara membuatnya, cukup haluskan 8 cabai rawit, 5 bawang merah, dan 3 butir kemiri. Tambahkan sedikit garam dan gula. Marinasi ayam selama minimal 3 jam sebelum proses pemanggangan.

Bumbu ini terinspirasi dari masakan khas Lombok yang terkenal pedas. Campuran cabai rawit, bawang merah, dan kemiri menghasilkan sensasi pedas yang menyengat namun lezat.

3. Bumbu Serai dan Jeruk Nipis

Kombinasi segar dari serai dan jeruk nipis memberikan aroma dan rasa yang menyegarkan pada ayam bakar. Hasilnya, ayam bakar bumbu serai dan jeruk nipis akan sangat nikmat untuk berbagai acara santai.

Untuk membuat bumbu serai dan jeruk nipis, caranya campurkan 2 batang serai yang dimemarkan, air jeruk nipis, sedikit gula, dan garam. Rendam ayam selama 2-3 jam sebelum dipanggang.

4. Bumbu Rempah Jawa

Jika Anda merupakan penggemar rempah-rempah, jangan ragu gunakan bumbu tersebut untuk membuat ayam bakar. Perpaduan antara ketumbar, kunyit, dan jinten akan menghadirkan dimensi baru pada cita rasa ayam bakar.

Caranya, haluskan 1 sendok teh ketumbar, 1 sendok teh kunyit, 1 sendok teh jinten, dan campur dengan air asam jawa. Supaya benar-benar meresap, rendam ayam selama 4 jam sebelum dibakar.

5. Bumbu Sate Kacang

Bumbu sate tak hanya cocok untuk daging panggang, tapi juga untuk ayam bakar. Bumbu kacang yang kaya dan gurih akan membuat cita rasa semakin istimewa.

Caranya, blender 100 gram kacang tanah, tambahkan air, kecap manis, dan sedikit kecap asin. Marinasi ayam selama 2 jam sebelum proses pemanggangan.

6. Bumbu Yogurt dan Mint

Bosan dengan rampah dan manisnya kecap dalam ayam bakar? Kombinasi yoghurt dan mint bisa menjadi penggantinya. Sentuhan kelezatan ala Mediterania ini akan memberi kelembutan dari yogurt dan kesegaran dari mint.

Cara membuat bumbu yoghurt dan mint, cukup campurkan yogurt, mint cincang, garam, dan merica. Rendam ayam dalam campuran ini selama minimal 2 jam sebelum dibakar.

7. Bumbu Jahe dan Madu

Kesegaran jahe dan kelembutan madu menciptakan paduan manis dan pedas yang menggoda selera. Ini juga bisa menjadi salah satu kombinasi yang lezat untuk membuat ayam goreng.

Untuk membuatnya, Anda cukup mencampurkan jahe yang diparut, madu, kecap manis, dan sedikit minyak. Marinasi ayam selama 3 jam sebelum dipanggang.

Dengan mencoba variasi bumbu ayam bakar di atas, Anda dapat menciptakan pengalaman kuliner yang unik dan tak terlupakan. Jangan ragu untuk berkreasi dan menyesuaikan rasa sesuai selera pribadi Anda!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250