banner 728x250

Avanza Konversi Mobil Listrik Menarik Perhatian Bluebird

Avanza Konversi Mobil Listrik Menarik Perhatian Bluebird
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada Inabuyer EV Expo di Gedung SMESCO, Jakarta Selatan, dipamerkan Avanza hasil konversi jadi mobil listrik berbasis baterai. Mobil hasil kerja sama PT Percik Daya Nusantara, IMEV, dan SMK Tamansiswa di Rancaekek Bandung ini menarik perhatian Bluebird.

Putu Yindy Kurniawan, Direktur PT Percik Daya Nusantara yang bermarkas di Bali ini bilang, sudah ada obrolan bersama pihak dari Bluebird yang datang ke pameran, rencananya mau ada konversi Transmover.

banner 325x300

“Proyek selanjutnya masih menunggu, mudah-mudahan kalau misalnya jadi dari Bluebird bisa transmover-nya (dikonversi),” kata Yindy di Jakarta, Selasa (29/11/2023).

Baca juga: Tertarik Ubah Avanza Jadi VW Kodok? Segini Biayanya

Toyota Avanza EV buatan PT Percik Daya Nusantara, IMEV, dan SMK Tamansiswa Rancaekek BandungKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Toyota Avanza EV buatan PT Percik Daya Nusantara, IMEV, dan SMK Tamansiswa Rancaekek Bandung

Yindy bilang, sudah ada diskusi mengenai konversi Transmover yang sudah selesai masa operasinya. Tapi ini masih menunggu akan seperti apa ke depannya, belum pasti.

Bluebird sendiri punya aturan taksi yang sudah beroperasi lima tahun, maka diganti dengan yang baru. Bisa saja, nanti jadi ada pilihan buat konversi taksi tadi jadi elektrik, mungkin digunakan lagi sebagai unit yang nol emisi.

Soal Avanza EV buatan PT Percik Daya Nusantara, IMEV, dan SMK Tamansiswa, ubahannya bisa dibilang sangat sederhana. Bagian mesin diganti semua dengan baterai dan dinamo, transmisi bahkan pakai bawaan Avanza.

Baca juga: Fatalnya Abaikan Pergantian Oli Gardan

Spesifikasinya, menggunakan dinamo dengan tenaga 10 kW dan puncaknya 20 kW, baterai 15 kWh, jarak tempuhnya diklaim mencapai 150 Km. Kecepatan puncaknya 80 Kpj, masih pakai transmisi lima percepatan bawaan.

Untuk konversi tersebut, sudah mengeluarkan biaya sekitar Rp 200 juta sampai Rp 250 juta. Biaya tersebut kembali lagi ke spesifikasi yang diinginkan, kalau mau jarak tempuh lebih jauh, harganya bisa lebih mahal.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250