banner 728x250
Tekno  

Cara Mengaktifkan Wireless Charging di Android

Cara Mengaktifkan Wireless Charging di Android
banner 120x600
banner 468x60

FokusFakta.com – Banyak ponsel Android saat ini telah dilengkapi dengan wireless charging atau pengisian daya nirkabel. Meski begitu, metode pengisian daya seperti ini masih awam bagi banyak orang.

Walau pengisian daya dengan kabel secara umum masih jauh lebih cepat, tetapi pengisian daya nirkabel memiliki keunggulan sendiri, seperti mengurangi kabel yang tersebar di mana-mana hingga kenyamanan meletakkan ponsel di atas bantalan pengisi daya nirkabel.

banner 325x300

Jika pengguna baru pertama kali menggunakannya, berikut ini panduan cara mengaktifkan wireless charging di Android:

Cara mengaktifkan pengisian daya nirkabel di Android

Pada dasarnya, pengguna tidak dapat mengaktifkan pengisian daya nirkabel di ponsel Android. Untuk lebih spesifiknya, pengisian daya nirkabel bukanlah sesuatu yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan.

Jika ponsel memang memiliki kemampuan pengisian daya nirkabel, maka ponsel akan mengisi daya secara nirkabel saat dihubungkan dengan pengisi daya yang kompatibel.

Ada berbagai aspek pengisian daya nirkabel yang mungkin dapat disesuaikan pada perangkat.

Dengan masuk ke menu pengaturan di ponsel Android dan mengakses submenu yang terkait dengan baterai, pengguna mungkin dapat mengatur beberapa preferensi.

Namun, pengguna tidak dapat menonaktifkan pengisian daya nirkabel.

Ilustrasi Wireless Charging. [Unsplash/Pontus Wellgraf]
Ilustrasi Wireless Charging. [Unsplash/Pontus Wellgraf]

Cara menggunakan wireless charging di Android

Untuk menggunakan pengisian daya nirkabel di ponsel Android, pengguna harus terlebih dahulu memiliki bantalan pengisi daya nirkabel.

Saat ini, banyak wireless charging pad yang tersedia dan dijual secara online. Sebagian besar perangkat pengisi daya nirkabel mendukung standar Qi dengan beberapa pengecualian. Oleh karena itu, pastikan pad yang dibeli kompatibel dengan ponsel Android.

Setelah itu, colokkan bantalan pengisi daya nirkabel dan letakkan ponsel di atasnya. Pastikan bagian tengah ponsel sejajar dengan bagian tengah bantalan pengisi daya. Hanya ini yang perlu dilakukan agar ponsel mulai mengisi daya secara nirkabel.

Jika pengguna memiliki masalah, ada beberapa kemungkinan mengapa ponsel tidak mengisi daya secara nirkabel. Ini mungkin disebabkan oleh kesalahan, baik pada bantalan pengisi daya nirkabel atau pada perangkat. Kemungkinan lainnya adalah ponsel tidak kompatibel dengan standar pengisian daya nirkabel.

Jika pengguna menggunakan casing ponsel yang tebal, hal ini mungkin mencegah ponsel untuk mengisi daya secara nirkabel. Casing logam akan sangat bermasalah karena dapat mengganggu arus dan bahkan membuat ponsel menjadi panas. Karena itu, pengguna harus melepaskan benda logam apa pun saat mengisi daya nirkabel.

Itulah cara untuk mengisi ponsel Android dengan metode wireless charging.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250