banner 728x250

Uni Wheel, Teknologi Baru Hyundai untuk Mobil Listrik

Uni Wheel, Teknologi Baru Hyundai untuk Mobil Listrik
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Hyundai terus berinovasi mengembangkan mobil listrik. Pabrikan asal Korea Selatan tersebut memperkenalkan konsep bernama Uni Wheel yang membuat dinamo alias motor listrik jadi kecil.

Konsepnya sebetulnya mirip dengan motor hub di sepeda motor listrik. Jadi alih-alih menggunakan satu motor listrik besar buat menggerakkan roda, Uni Wheel menggunakan motor listrik di tiap roda.

banner 325x300

Baca juga: Penyebab Oli Rembes di MINI Cooper

“Kami senang dapat menghadirkan ide-ide inovatif yang dapat mengubah permainan di pasar mobilitas masa depan,” kata Park Jong-sul, peneliti senior di Hyundai Motor Company dan Kia Advanced Technology Institute, dilansir dari Carscoops, Rabu (29/11/2023).

Dengan menggunakan motor di dalam roda, walau tenaga dari motor kecil tapi punya torsi cukup besar. Selain itu dengan memberi daya pada tiap roda secara individual maka dapat meningkatkan performa berkendara.

Daya yang dihasilkan motor listrik secara individual tiap roda tersebut juga bisa ditingkatkan dalam hal keamanan. Sebab tiap roda dapat merespons kondisi secara independen.

Hyundai terus berinovasi mengembangkan mobil listrik. Pabrikan asal Korea Selatan tersebut memperkenalkan konsep bernama Uni Wheel Foto: Carscoops.com Hyundai terus berinovasi mengembangkan mobil listrik. Pabrikan asal Korea Selatan tersebut memperkenalkan konsep bernama Uni Wheel

Keunggulan lain Uni Wheel karena roda gigi dapat bergerak di dalam hub sambil tetap mentransfer daya, sambungan antara roda dan motor tidak memerlukan sambungan apapun lainnya.

Baca juga: Berlaku Dalam Waktu Dekat, Cek Tarif Baru Tol JORR 1, Pondok Aren-Ulujami, dan ATP

Hyundai mengatakan bahwa Uni Wheel dapat digunakan di roda berukukan minimal lingkar empat inci hingga ukuran 25 inci untuk kendaraan yang lebih besar untuk mobil SUV.

Meski demikian Hyundai belum memberikan bocoran kapan Uni Wheel akan siap memasuki produksi. Namun diketahui Hyundai telah mengajukan paten di Korea, Eropa, dan Amerika Serikat.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250