banner 728x250

Honda Recall Accord dan HR-V di AS, Bagaimana di Indonesia?

Honda Recall Accord dan HR-V di AS, Bagaimana di Indonesia?
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda baru saja mengumumkan penarikan kembali alias recall terhadap lebih dari 300.000 kendaraan.

Dikutip dari Carscoops, Selasa (28/11/2023), kendaraan tersebut adalah Honda Accord dan HR-V 2023-2024. Penarikan kendaraan itu dilakukan lantaran adanya masalah pada sabuk pengaman.

banner 325x300

Menurut Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional, Accord dan HR-V model tahun 2023 dan 2024, dilengkapi dengan pretensioner sabuk pengaman depan yang tidak memiliki paku keling. Paku ini berfungsi untuk menahan konektor cepat dan pelat kawat.

Baca juga: Honda Tambah Fasilitas Bodi dan Cat di Jakarta Timur

Honda HR-V Hybriddok.Honda Thailand Honda HR-V Hybrid

Pemerintah mengatakan bahwa pemasangan paku keling tidak dilakukan saat perakitan dan komponen yang dihasilkan mungkin tidak dapat menahan penumpang dengan baik saat terjadi tabrakan.

Hal ini meningkatkan risiko cedera dan pemerintah mencatat bahwa kendaraan tersebut tidak memenuhi Standar Keselamatan Kendaraan Bermotor Federal yang melibatkan sabuk pengaman dan perlindungan dari tabrakan.

Masih berdasarkan sumber yang sama, komponen yang dibuat oleh Joyson Safety Systems dan Honda pertama kali diketahui bermasalah pada bulan Mei.

Baca juga: Daftar Kerusakan yang Bisa Terjadi pada Mobil Penggerak Roda Depan

Produsen mobil tersebut kemudian menerima komponen yang terkena dampak pada bulan September dan memulai penyelidikan, hingga akhirnya mengarah pada penarikan kembali.

Honda telah menerima tujuh klaim garansi terkait masalah ini, tetapi belum diketahui apakah ada korban cedera atau kematian.

Lantas, bagaimana dengan model Honda Accord dan HR-V yang ada di Indonesia, apakah terdampak dan akan di recall?

Ketika dikonfirmasi, Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Director Marketing PT Honda Prospect Motor (HPM) memastikan bahwa Honda Accord dan HR-V yang dijual di Indonesia tidak terdampak dari recall tersebut.

“(Soal recall Accord dan HR-V) Tidak terdampak untuk pasar di Indonesia,” ucap Billy, kepada Kompas.com, Selasa (28/11/2023).


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250