banner 728x250

Jadi Penguasa Pasar, Ini Deretan Kendaraan Hybrid dari Toyota

banner 120x600
banner 468x60

KOMPAS.com – Penggunaan mobil listrik, khususnya hybrid, di Indonesia terus mengalami peningkatan seiring tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan mengurangi emisi gas buang.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil hybrid, baik itu hybrid electric vehicle (HEV) maupun plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), masih mendominasi pasar mobil listrik di Indonesia pada 2023.

banner 325x300

Hal tersebut terlihat dari tingginya angkanya penjualan mobil Hybrid 41.571 unit atau 77,8 persen dari total penjualan kendaraan listrik keseluruhan pada periode Januari hingga Oktober 2023.

Dari jajaran kendaraan hybrid, PT Toyota Astra Mandiri (TAM) masih memimpin penjualan pada sektor itu dengan capaian 29.183 unit.

Keberhasilan Toyota dalam memimpin persaingan di pasar kendaraan hybrid pun disinyalir berkat kualitas produk kendaraan yang mereka hasilkan.

Apa saja kendaraan hybrid dari Toyota tersebut? Berikut adalah ulasannya.

1. Toyota Innova Zenix Hybrid

Toyota Innova Zenix Hybrid adalah salah satu kendaraan HEV unggulan dari Toyota yang mampu menarik perhatian besar masyarakat. Hal ini dibuktikan dari tingginya antusiasme terhadap kepemilikan mobil tersebut.

Menurut data Gaikindo, Toyota Kijang Innova Zenix HEV jadi kendaraan hibrida paling laris pada periode Januari hingga Oktober 2023 dengan total penjualan mencapai 21.492 unit.

Mobil Kijang generasi 7 itu begitu digemari karena memiliki sejumlah kelebihan. Salah satunya adalah telah dibekali dengan teknologi terbaru dan sistem transmisi 10-Speed Direct Shift CVT beserta mesin 2.0L TNGA (Toyota Hybrid System Generasi 5).

Keberadaan teknologi tersebut jadi penegasan bahwa Kijang Innova Zenix di Indonesia telah mengadopsi platform Toyota New Global Architecture (TNGA-C).

Secara spesifik, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid dibekali mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FXS 4 cylinders, in-line 16-Valve DOHC, dan chain drive Dual VVT-i.

Dengan mesin itu, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid diklaim mampu melepaskan tenaga hingga 174 horse power (HP) dengan torsi maksimum 20,9 Nm.

Untuk baterai, kendaraan dengan mesin berkapasitas 1987 CC dan Transmisi CVT tersebut mengusung baterai hybrid Ni-MH.

Sebagai informasi, Toyota Innova Zenix Hybrid terdiri dari tiga tipe, yakni G, V, dan Q.

Baca juga: It’s Time for Everyone, Begini Komitmen Toyota Ajak Seluruh Masyarakat Ikut Mendukung Target NZE 2060

2. Toyota Yaris Cross Hybrid

Selain Toyota Innova Zenix Hybrid, Toyota Yaris Cross Hybrid yang merupakan compact sport utility vehicle (SUV) juga masuk jajaran kendaraan hibrida terbaik dari Toyota.

kendaraan tersebut juga masuk dalam jajaran kendaraan hybrid terlaris dengan total penjualan mencapai 4.731 dari periode Januari hingga Oktober 2023.

Untuk mesin, Toyota Yaris Cross Hybrid dibekali mesin 2NR-VEX 4 silinder 1.5L yang menggunakan teknologi Dual VVT-i.

Seperti diberitakan Kompas.com, Senin (15/5/2023), mesin itu dapat menghasilkan tenaga maksimal 110 hp dan torsi maksimal 121 Nm pada 4.000 rpm.

Toyota Yaris Cross Hybrid. Dok. Kompas.com/Aris Harvenda Toyota Yaris Cross Hybrid.

Terkait baterai, Toyota Yaris Cross Hybrid menggunakan baterai lithium-ion dengan kapasitas 4,3 kilowatt hour (kWh). Baterai ini dapat menyimpan energi yang dihasilkan oleh mesin dan motor listrik, serta mengisi ulang saat pengereman regeneratif. Baterai ini juga dapat menggerakkan motor listrik secara mandiri agar mobil dapat berjalan tanpa menggunakan bahan bakar.

Adapun motor listrik Toyota Yaris Cross Hybrid dapat menghasilkan tenaga tambahan sebesar 79 hp dan torsi tambahan 141 Nm.

3. Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross Hybrid adalah salah satu kendaraan hibrida yang cukup diandalkan Toyota untuk pasar Indonesia.

Mobil tersebut merupakan sport utility vehicle (SUV) kompak yang menggabungkan mesin bensin 1.8 liter dengan motor listrik 53 kW.

Dengan mesin itu, mobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 121 hp dan torsi maksimal 142 Nm.

Anda yang ingin memiliki mobil SUV dengan desain modern dan fitur canggih serta hemat bahan bakar sangat cocok untuk mempertimbangkan Toyota Corolla Cross Hybrid.

4. All New RAV4 GR Sport PHEV

Selain kendaraan listrik pada kategori HEV, Toyota juga memiliki kendaraan hybrid pada kategori PHEV yang dilengkapi dengan spesifikasi mumpuni. Salah satu kendaraan tersebut adalah All New RAV4 GR Sport PHEV.

Untuk diketahui, mobil berjenis SUV tersebut hadir dengan mesin berperforma tinggi, desain sporty, dan fitur hiburan lengkap.

Interior mobil itu pun tampak mewah karena punya ruang kabin lega dengan jok berbahan kulit, head up display, dan layar sentuh 10,3 inci.

All New RAV4 GR Sport PHEV dilengkapi oleh mesin 2.5 liter dengan teknologi hybrid generasi kelima yang mampu memberikan tenaga 306 hp dan torsi 227 Nm.

All New RAV4 GR Sport PHEV juga bisa diisi ulang listriknya dari sumber eksternal dan memiliki jangkauan listrik hingga 95 km.

5. Toyota C-HR Hybrid

Kendaraan hybrid dari Toyota yang ada di pasar Indonesia selanjutnya adalah Toyota C-HR Hybrid. Kendaraan ini menggunakan mesin 2ZR-FXE 4 silinder, 16 katup, DOHC, dan Dual VVT-i dengan kapasitas 1.800 cc.

Dengan spesifikasi tersebut, mesin Toyota C-HR Hybrid dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 100 hp pada 5.200 rpm dan torsi maksimal 142 Nm pada 3.600 rpm.

Baca juga: Menilik Kecanggihan Teknologi Ramah Lingkungan pada Kendaraan Toyota Hybrid System

Untuk baterainya, Toyota C-HR Hybrid menggunakan baterai Ni-MH berkapasitas 6,5 mAh yang dapat menyimpan energi yang dihasilkan oleh mesin dan motor listrik serta mengisi ulang saat pengereman regeneratif.

Baterai tersebut juga dapat menggerakkan motor listrik secara mandiri sehingga mobil dapat berjalan tanpa menggunakan bahan bakar.

Motor listrik Toyota C-HR Hybrid pun dapat menghasilkan tenaga tambahan sebesar 36 hp dan torsi tambahan 207 Nm.

Itulah lima kendaraan hybrid dari Toyota yang ada di pasar Indonesia. Selain semua mobil tersebut, Toyota masih memiliki kendaraan hibrida lainnya, seperti Alphard Hybrid, Camry Hybrid, dan Corolla Altis Hybrid.

Untuk diketahui, semua mesin kendaraan hybrid dari Toyota sudah dilengkapi dengan teknologi Toyota Hybrid System (THS).

Semua kendaraan hybrid dari Toyota sudah dilengkapi dengan THS. Dok. TAM Semua kendaraan hybrid dari Toyota sudah dilengkapi dengan THS.

THS adalah sistem yang menggabungkan mesin bensin dan dua motor listrik untuk menggerakkan kendaraan.

Selain mesin bensin dan motor listrik, sejumlah komponen utama lain yang disematkan pada teknologi tersebut adalah baterai, inverter, power split device, reduction gear, regenerative braking, generator, dan transmisi.

Sistem tersebut dikembangkan oleh Toyota untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, mengurangi emisi gas buang, dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik.

Untuk informasi lengkap terkait kendaraan listrik dari Toyota, silakan kunjungi tautan berikut.



Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250