banner 728x250

Tim Satelit RNF MotoGP Dicoret dari Peserta MotoGP 2024

Tim Satelit RNF MotoGP Dicoret dari Peserta MotoGP 2024
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Tim asal Malaysia, CrytoDATA RNF MotoGP Team dicoret dari daftar peserta MotoGP 2024, karena telah melanggar perjanjian partisipasi berulang kali hingga berdampak pada citra MotoGP.

Komite Seleksi MotoGP yang terdiri dari anggota FIM, IRTA, dan Dorna Sports, memutuskan untuk tidak memasukan CrytoDATA RNF meski tim punya kontrak untuk balapan di MotoGP sampai 2026.

banner 325x300

Baca juga: Atap MINI Cooper Tak Selalu Putih, Ini Bedanya

Dilansir dari The Race, pelanggaran dan wanprestasi tersebut diyakini berkaitan dengan utang tim yang dikabarkan menumpuk sampai ratusan ribu euro.

Tim RNF ApriliaDok. Gold & Goose Tim RNF Aprilia

Gejolak di tubuh RNF MotoGP Team terlihat saat pendiri tim dan pemegang saham 40 persen Razlan Razali mengumumkan untuk meninggalkan RNF jelang MotoGP Valencia 2023.

CrytoDATA yang punya mayoritas saham di RNF Racing sebesar 60 persen disebut “memecat”  Razali karena penampilan tim dan juga keputusan finansial yang buruk.

Razali mengatakan dia bukan dipecat tapi mundur. Manager asal Malaysia yang memunculkan nama Fabio Quartararo itu mengatakan mundur karena perbedaan visi dengan orang dibalik CryptoData.

Baca juga: IKN Mulai Persiapan Terapkan Transportasi Umum Berbasis Listrik

Raul Fernandez saat berlaga pada MotoGP Qatar 2023Dok. @raulfernandez_25 Raul Fernandez saat berlaga pada MotoGP Qatar 2023

Adapun RNF Racing kini dijalankan oleh Ovidiu Toma dan Bogdan Maruntis, dua pebisnis asal Rumania yang memiliki CryptoData, disebut bakal melawan keputusan MotoGP tersebut ke meja hijau.

Rumorsnya bos Trackhouse Justin Marks, yang sebelumnya mengukir prestasi di NASCAR tertarik masuk ke MotoGP. Jika benar maka Trackhouse akan jadi tim satelit Aprilia musim depan.

Jika rumors terbukti maka Trackhouse akan membawahi Raul Fernandez dan Miguel Oliveira. Namun, belum diketahui apakah akan memakai motor Aprilia RS-GP musim 2024 atau motor satelit musim 2023.

Pernyataan MotoGP:

FIM, IRTA dan Dorna tidak akan memperbarui kontrak dengan Tim MotoGP CryptoDATA RNF

Senin, 27 November 2023

“Panitia Seleksi MotoGP, yang terdiri dari anggota FIM, IRTA dan Dorna Sports, telah memutuskan untuk tidak memilih Tim MotoGP CryptoDATA RNF untuk musim 2024.

“Pelanggaran berulang dan pelanggaran terhadap Perjanjian Partisipasi yang mempengaruhi citra publik MotoGP mengharuskan keputusan ini.

“Panitia Seleksi akan meninjau lamaran untuk Tim Independen baru, yang menggunakan mesin Aprilia, untuk bergabung dengan grid kelas MotoGP pada tahun 2024.

“Informasi lebih lanjut mengenai masalah ini akan menyusul pada waktunya.”


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250