banner 728x250

IKN Mulai Persiapan Terapkan Transportasi Umum Berbasis Listrik

IKN Mulai Persiapan Terapkan Transportasi Umum Berbasis Listrik
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Myrna Asnawati Safitri menyebut, pihaknya kini sedang mempersiapkan penggunaan kendaraan listrik sebagai transportasi umum.

Sebab nantinya di Ibu Kota baru itu semua kendaraan yang beroperasi hanyalah mobil dan sepeda motor listrik berbasis baterai, yakni di 2045.

banner 325x300

Upaya ini sejalan dengan tekad bahwa IKN sepenuhnya menggunakan energi baru terbarukan, termasuk mobilitas warga dan sejalan dengan konsepnya sebagai smart forest city.

Baca juga: Bedah Interior Terios Facelift Varian Tertinggi, Apa Saja yang Baru?

“Saat ini penggunaan kendaraan listrik di kawasan IKN sudah dimulai dan tentunya dilakukan secara bertahap pada kawasan IKN, di mana saat ini difokuskan terlebih dahulu pada area Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN,” katanya dikutip Senin (27/11/2023).

Menurut Myrna, penggunaan 100 persen kendaraan listrik di IKN Nusantara ini bertujuan agar masyarakat mengetahui bahwa IKN ini berbeda dengan kota-kota di Indonesia.

“Karena itu terus menerus kami menyampaikan komitmen untuk menggunakan energi dan kendaraan ramah lingkungan tetap dilakukan secara bertahap sesuai dengan kesiapan wilayah kota yang sudah terbangun,” ujar dia.

Ilustrasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKL) rumah alias Home Charging EV dari Simon ElectricSimon Electric Ilustrasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKL) rumah alias Home Charging EV dari Simon Electric

Baca juga: Perjalanan 11 Musim Marc Marquez dengan Repsol Honda

Penggunaan 100 persen kendaraan listrik ini dilakukan demi menacpai target nol emisi atau zero emission di IKN Nusantara pada 2045.

Selain kendaraan listrik, target nol emisi ini akan dikejar melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang akan memasok kebutuhan energi di IKN.

“Di sektor energi sudah menjadi KPI bagi IKN untuk menggunakan 100 persen renewable energy. Kemudian 80 persen dari mobilitas akan menggunakan transportasi publik dan 100 persen kendaraan listrik sampai 2045,” lanjutnya lagi.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250