banner 728x250

Ramai-ramai Selebriti Umrah Saat Momen Pergantian Tahun, Apa Sih Keutamaannya?

Ramai-ramai Selebriti Umrah Saat Momen Pergantian Tahun, Apa Sih Keutamaannya?
banner 120x600
banner 468x60

FokusFakta.com – Bukan berpesta atau menikmati liburan ke negara empat musim, sejumlah selebriti memilih menjalani ibadah umrah di momen pergantian tahun. Mereka adalah Bunga Citra Lestari atau BCL, Ria Ricis, Oki Setiana Dewi hingga selebgram yang tengah menjadi sorotan Ira Nandha. 

Ramai-ramai mereka mengunggah momen umrah yang mereka jalani bersama keluarga, dengan sejumlah harapan agar tahun 2024 bisa mendapatkan yang terbaik di masa depan. 

banner 325x300

“Alhamdulillah umroh terakhir di tahun 2023. Thank you 2023, it’s been amazing. Happy new year,” tulis BCL seperti yang FokusFakta.com kutip pada Senin (1/12/2023).

Ya, minat umat Islam untuk melaksanakan ibadah umrah di malam pergantian tahun baru Masehi, terus meningkat. Hal ini sebenarnya termasuk dalam himbauan Rasulullah SAW dalam sebuah sabdanya.

Di mana Rasulullah SAW sangat menekan agar umat Muslim di seluruh dunia untuk selalu mengunjungi tiga tempat yang sangat mulia, yakni Masjidil Haram di Makkah, Masjid Nabawi di Madinah dan Masjid Al Aqsa di Palestina.

Potret Ria Ricis dan Teuku Ryan berangkat umrah (Instagram/riaricis1795)
Potret Ria Ricis dan Teuku Ryan berangkat umrah (Instagram/riaricis1795)

Sementara itu, ibadah umrah sendiri adalah momen yang tepat untuk bertafakkur dan bersyukur di malam pergantian tahun, dibandingkan dengan berpesta atau berlibur keluar negeri, hal ini tentu memiliki kenikmatan tersendiri.

Direktur Program Pascasarjana Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor, Prof Dr KH Didin Hafidhuddin. Prof Didin menjelaskan, pada dasarnya, kapan pun diizinkan untuk pergi ke Makkah, Arab Saudi, tidak ada larangan waktu, kecuali ada larangan karena hal yang bersifat teknis.

Misalnya, dilarang umrah menjelang pelaksanaan ibadah haji, tentu dengan tujuan yang baik, ingin beribadah kepada Allah SWT.

“Jika hari ulang tahun kita ingin ke Makkah, mohon, jangan berjanji untuk mengulangi tahun di Makkah, tetapi untuk beribadah manifestasi syukur kepada Allah SWT,” ujar Guru Besar IPB.

Terlebih, umrah sendiri memiliki keutamaan yakni menghapus dosa-dosa. Dalam HR Bukhori juga disebutkan hal yang sama.

“Suatu umroh kepada umroh yang lain adalah kafarrah (menghapuskan dosa) di antara keduanya dan haji yang mabrur (diterima) itu tidak ada balasan baginya selain surga.” (HR. Bukhari).

Orang yang menjalankan ibadah umrah bagaikan tamu Allah SWT, sehingga mereka akan mendapat jamuan terbaik berupa dikabulkannya doa dan diterimanya ampunan oleh Allah SWT. 

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW yang tertera dalam kitab hadits: Jamaah haji dan umrah adalah tamu Allah. Allah memanggil mereka lalu mereka pun menyambut panggilan-Nya; jika mereka meminta ampun kepada-Nya maka Dia pun mengampuninya.” (HR. Ibnu Majah).

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250