banner 728x250

Tak Boleh Bawakan Lagu “Mungkinkah” Lagi, Andre Taulany Akali Pakai Cara ini

Tak Boleh Bawakan Lagu "Mungkinkah" Lagi, Andre Taulany Akali Pakai Cara ini
banner 120x600
banner 468x60

FokusFakta.com – Andre Taulany menanggapi somasi Endang Surahman Hartono alias Ndhank dengan cara jenaka. Sebelumnya Ndhank disorot terkait larangan kepada Andre dan Stinky membawakan lagu “Mungkinkah” ciptaannya.

Melalui Instagram pribadinya, Andre Taulany membagikan video ‘klarifikasi’. Andre tampak duduk di depan sebuah piano dengan iringan lagu “Mungkinkah”.

banner 325x300

Bukan Andre Taulany yang bernyanyi, lagu “Mungkinkah” hasil rekaman bareng Stinky yang dijadikan latar videonya. Andre juga bermain piano, tetapi penutup tutsnya tidak dibuka.

Sepanjang pura-pura bermain piano dengan iringan lagu Stinky “Mungkinkah”, Andre Taulany sesekali menghadap kamera sambil menangkupkan kedua telapak tangannya seperti meminta maaf.

“Wooyyyy salah wooyy buka dulu tutup nyaaa,” tulis Andre Taulany dalam caption unggahannya di Instagram pada Senin (1/1/2024).

Andre Taulany belakangan memang lebih dikenal sebagai komedian dan presenter. Jejak karier Andre sebagai mantan vokalis band Stinky cukup jarang diingat, terutama oleh para GenZ yang kebanyakan belum lahir saat ia berkarier sebagai penyanyi.

“Ternyata loe punya bakat terpendam, bro!” komentar Addie MS.

“Emang lucu ni guru ngaji,” sahut Andika Kangen Band.

“Bisa aja komandan @andreastaulany,” balas akun @papa_chello_***.

“Gilaaa kerennnn ditutup aja ada suaranya. Beginilah tanggapan Komandan Aji RT,” kata akun @trianabeng***.

Sebelumnya Ndhank yang dulunya gitaris Stinky melarang Andre Taulany dan band yang membesarkan namanya itu untuk membawakan lagu-lagu ciptaannya.

“Bahwa mulai hari ini, saya melarang keras Stinky dan Andre Taulany membawakan lagu karya-karya saya seperti ‘Mungkinkah’, ‘Jangan Tutup Dirimu’, dan lain-lain sampai waktu yang tidak bisa ditentukan,” ujar Ndhank.

Bahkan Ndhank mengancam akan membawa masalah ini ke jalur hukum apabila Andre dan Stinky tak mempedulikan somasinya. Warganet lantas menyinggung royalti yang kemungkinan besar belum dibayarkan kepada Ndhank.

Di sisi lain, band Stinky mengklaim telah membayar royalti lagu “Mungkinkah” kepada Ndhank. Pernyataan itu disampaikan Irwan Batara bassist band Stinky yang juga ambil bagian dalam menciptakan lagu “Mungkinkah”.

“Tiap Stinky show, Ndhank selalu dapat bagian dari bayaran kita,” tulis Irwan Batara melalui pesan singkat kepada wartawan.

“(Lagu) Mungkinkah itu terdaftar di publisher atas nama Irwan dan Ndhank penciptanya. Sudah dapat double dia, dari lembaga kolektif royalti seperti KCI dia sudah dapat,” sambung Irwan.

Oleh sebab itu, Irwan Batara dan band Stinky akan mengabaikan somasi Ndhank. Irwan pun amat kecewa terhadap sikap Ndhank yang memilih jalan viral untuk menyelesaikan masalah.

“Iya sangat (menyayangkan). Bila dia mau viral karena sedang buat band baru, mestinya bilang aja sama kita atau Andre. Bisa dicari jalan promo yang baik dan bermartabat. Jangan viral dengan jalan negatif,” pungkas Irwan Barata. 

Kontributor : Neressa Prahastiwi


banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250