banner 728x250

Fitur Ini Bikin Mobil Jago Menanjak meski Bukan RWD

Fitur Kendali Stabilitas Kendaraan Tak Berdaya Antisipasi Aquaplaning
banner 120x600
banner 468x60

KLATEN, KOMPAS.com – Mobil dengan penggerak roda belakang (RWD) akhir-akhir ini banyak dicari oleh masyarakat lantaran dianggap lebih unggul dalam melibas tanjakan.

Wajar saja hal itu terjadi, sebab mobil RWD memang berpeluang lebih sedikit mengalami selip pada roda penggeraknya lantaran titik tumpu kendaraan berada di roda belakang.

banner 325x300

Sementara mobil dengan penggerak roda depan akan lebih mudah mengalami selip ketika menanjak, terlebih lagi pengemudi terlalu dalam menginjak pedal gas.

Baca juga: Alasan Mengapa Sistem RWD Ditinggalkan meski Unggul di Tanjakan

Penampakan Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Penampakan Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).

 

Selip yang terjadi ini akan membuat mobil kehilangan traksi atau daya cengkeram antara tapak ban dan permukaan jalan. Sehingga bukannya berhasil melewati tanjakan ketika pedal gas diinjak, justru mobil semakin terperosok ke belakang.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving (JDDC), mengatakan, mobil penggerak roda depan lebih rawan selip saat melewati tanjakan yang licin. Namun ada cara tersendiri ketika ingin membawa kendaraan melewati rintangan yang licin.

“Ketika ingin melewati rintangan yang licin, jangan menekan gas terlalu dalam karena penggerak roda depan itu lebih mudah kehilangan cengkraman. Kalau ban mobil sudah spin, kendaraan akan merosot ketika di tanjakan, atau diam ditempat,” kata Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil RWD Lebih Kuat Hadapi Tanjakan Spongebob?

Mitsubishi Xpander Cross dibekali fitur AYC, yakni keamanan berkelanjutan yang ada pada mobil kelas atas Mitsubishi. Fitur ini melengkapi sistem rem anti-lock braking system (ABS) dan traction control (TC) atau active stability and traction control (ASC). KOMPAS.com/Sendy Mitsubishi Xpander Cross dibekali fitur AYC, yakni keamanan berkelanjutan yang ada pada mobil kelas atas Mitsubishi. Fitur ini melengkapi sistem rem anti-lock braking system (ABS) dan traction control (TC) atau active stability and traction control (ASC).

Mobil penggerak roda depan, ketika mulai berjalan, pastikan berjalan secara perlahan. Gunakan juga rem tangan ketika mulai berjalan di tanjakan. Ketika mobil mulai bergerak, turunkan rem tangan dan tekan gas secara halus dan bertahap, jangan buru-buru menginjak pedal gas.

Jusri juga menambahkan, ketika melewati permukaan yang licin, gunakan putaran mesin rendah tapi cukup untuk membuat mobil melaju. Proses ini dinamakan menjaga traksi antara permukaan jalan dengan cengkraman ban pada roda penggerak.

Sementara itu, Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan ada fitur traction control system (TCS) yang merupakan pengembagan dari anti-lock brake system (ABS), karena dalam menjaga traksi terkadang sistem membutuhkan pengereman otomatis lewat bantuan motor ABS.

Baca juga: Selain Pakai Mobil RWD, Ini Tips Bisa Melibas Tanjakan Spongebob

TERBALIK,--Inilah mobil Honda Jazz warna merah yang terbalik setelah mengalami kecelakaan tunggal akibat ban selip di ruas tol Madiun-Nganjuk di  KM. 635.200 blok A  di  Desa Bandungan, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (24/3/2023) sore. Akibat kecelakaan itu, satu dokter bersama satu penumpang meninggal dunia. KOMPAS.com/Dokumentasi Polres Madiun TERBALIK,–Inilah mobil Honda Jazz warna merah yang terbalik setelah mengalami kecelakaan tunggal akibat ban selip di ruas tol Madiun-Nganjuk di KM. 635.200 blok A di Desa Bandungan, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (24/3/2023) sore. Akibat kecelakaan itu, satu dokter bersama satu penumpang meninggal dunia.

“Dalam menjaga traksi, sistem akan mengurangi tenaga mesin lewat pembatasan putaran mesin, jika cara tersebut kurang maka bisa dibantu oleh ABS berupa pengereman otomatis,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Sabtu (23/7/2022).

Dia mengatakan pembatasan putaran mesin tersebut tentu saja bertujuan untuk menghindari roda mengalami spinning, sehingga tenaga mesin dapat disalurkan dengan baik, dimanfaatkan dengan baik untuk menggerakkan kendaraan.

“TCS tidak hanya dibutuhkan saat awal jalan saja, tapi begitu kendaraan melewati jalan yang tidak rata, tanjakan, genangan air dan lain sebagainya traksi pada masing-masing roda akan mengalami perbedaan,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Jagoan Melibas Tanjakan Spongebob, Harga Avanza Reborn Bekas mulai Rp 80 Jutaan

Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).KOMPAS.com/Bagus Puji Panuntun Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).

Dia mengatakan di situlah pengendalian traksi berperan, salah satu roda atau beberapa yang cenderung mengalami selip akan dikurangi tenaganya dengan melakukan pengereman secara otomatis lewat pompa ABS. Dengan begitu, traksi dapat terjaga meski pengemudi menginjak pedal gas dengan spontan dan dalam.

Seperti yang diketahui, traksi akan tetap baik ketika tenaga putaran roda tidak terlalu besar dari kemampuan tapak ban dalam mencengkram permukaan jalan.

Nah, fitur TCS ternyata dapat menunjang kemampuan mobil dalam melewati tanjakan meski mobil sudah menerapkan penggerak roda depan.

 


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250