banner 728x250

Podium Diggia Batal karena Melanggar Aturan Tekanan Ban

Podium Diggia Batal karena Melanggar Aturan Tekanan Ban
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Fabio Di Giannantonio berhasil menyelesaikan balapan utama MotoGP Valencia 2023 di urutan kedua. Tapi, pebalap Gresini Racing ini kedapatan melanggar aturan tekanan ban.

Podium pun terpaksa dibatalkan, karena pebalap yang akrab disapa Diggia ini diberikan sanksi tambahan 3 detik. Diggia pun berada di urutan keempat pada hasil akhir MotoGP Valencia 2023.

banner 325x300

Baca juga: Penjelasan Mapping 8 di Motor Diggia, Team Order Ducati?

Dengan demikian, podium pada seri terakhir MotoGP 2023 ini diisi oleh Francesco Bagnaia, Johann Zarco, dan Brad Binder. Pelanggaran ini disebutkan adalah yang kedua kalinya bagi Diggia, di mana tekanan ban motornya di bawah rekomendasi minimum selama setengah jalannya balapan.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023

Pelanggaran pertama terjadi pada sprint race MotoGP Valencia 2023. Pelanggaran pertama hanya mendapatkan teguran, tapi pelanggaran berikutnya akan langsung mendapatkan tambahan 3 poin.

Selain Diggia, pebalap lain yang sudah merasakan sanksi tersebut adalah Aleix Espargaro. Musim depan, sanksinya akan lebih berat lagi, yakni diskualifikasi.

Baca juga: Nasib Diggia di MotoGP 2024 Mulai Temui Titik Terang

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023

Tak sedikit penggemar MotoGP yang menyayangkan adanya aturan tersebut. Bahkan, aturan ini juga mengundang kontra dari para pebalap.

Menurut para pebalap, aturan tekanan ban ini justru membuat balapan menjadi tidak seru dan cenderung berbahaya. Risiko untuk terjatuh menjadi lebih besar dengan diterapkannya regulasi tersebut.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250