banner 728x250

Video Wanita dan Motornya Hilang Masuk ke Dalam Selokan Saat Banjir

Video Wanita dan Motornya Hilang Masuk ke Dalam Selokan Saat Banjir
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Wilayah Jakarta dan sekitarnya tampaknya mulai memasuki musim hujan karena sudah terjadi hampir setiap hari. Bagi pemotor harus lebih waspada saat di jalan, mengingat sering terjadi genangan yang tidak terlihat dasarnya membuat pengendara terjatuh.

Seperti yang dilansir dari akun IG @mindameii (25/11/2023), yang memperlihatkan seorang wanita yang mengendarai Honda Revo, terperosok ke dalam saluran air di pinggir jalan. Saluran air itu tidak terlihat karena rata dengan banjir yang sedang menggenang jalan.

banner 325x300

Belum diketahui nasib wanita tersebut. Namun yang jelas hal ini jadi pelajaran berharga bagi semua pengendara motor.

Baca juga: Mau Beli Avanza Reborn Bekas, Dianjurkan Ambil Lansiran 2015

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, saat musim hujan pengendara diimbau lebih berhati-hati.

“Untuk mengatasi kondisi jalan seperti itu sebaiknya kita jangan memaksakan lewat atau menerabas, apalagi jika kita tidak mengetahui kondisi jalan tersebut atau pertama kali lewat,” ujar Agus, kepada Kompas.com (25/11/2023).

Menuirut Agus, pengendara motor harus mempelajari lebih dulu rute banjir yang ingin dilewati. Jangan sampai melewati ruas jalan yang terkena banjir tanpa pengetahuan sama sekali.

Baca juga: Warga Jabar yang Tunggak Pajak Kendaraan Dilarang Beli BBM

Proses pembongkaran ruang filter udara motor matikKOMPAS.com/daafa Proses pembongkaran ruang filter udara motor matik

Selain itu, Agus mengingatkan agar pengendara tahu batasan aman motor melewati banjir. Misalkan untuk motor matik jangan sampai melewati bagian CVT, sementara motor bebek atau sport sedikit lebih fleksibel karena mengusung penggerak rantai.

“Kalau kondisi genangan air cukup tinggi dan tidak bisa dilewati maka jangan memaksakan lebih baik motor didorong saja agar lebih aman,” ucap Agus.

“Jadi kalau motor matik itu jangan sampai melewati bagian CVT, karena pada penutup CVT terdapat lubang yang kemungkinan akan masuk air sehingga bisa membuat selip pada Vbelt. Karena kalau motor cub atau sport bagian rantai tidak selip jika terkena air,” kata dia.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250