banner 728x250

Apa Arti dari Servis Mesin Top Overhaul?

Apa Arti dari Servis Mesin Top Overhaul?
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Overhaul merupakan golongan servis mesin yang berat. Servis ini sering disebut turun mesin sebab mekanik harus membongkar mesin untuk menemukan dan memperbaiki kerusakan.

Overhaul ada dua jenis, block head dan cylinder head. Untuk overhaul cylinder head, maka bagian atas saja yang akan dibongkar dan diperbaiki. Istilahnya ialah top overhaul (TOH) atau juga dikenal sebagai turun mesin setengah.

banner 325x300

Baca juga: Enea Bastianini Tertarik Bergabung dengan KTM

Kepala silinder penuh lumpur sedang proses overhaulKompas.com/Erwin Setiawan Kepala silinder penuh lumpur sedang proses overhaul

Denny Sulistyo, Technical Support Honda Jakarta Center menjelaskan, dalam servis top overhaul mekanik biasanya akan memeriksa beberapa komponen di antaranya adalah piston, setang piston dan bagian lain tergantung kerusakan.

“Prinsipnya overhaul itu dilihat dari keluhan konsumen itu sendiri,” ujar Denny kepada Kompas.com, Kamis (24/11/2023).

Denny mengatakan, top overhaul mesti dilakukan jika mobil mengalami masalah yang berkaitan temperatur mesin mobil serta mobil terendam air atau usai menerjang banjir.

Baca juga: 6 Ruas Tol yang Akan Terapkan Transaksi Nirsentuh MLFF

Ilustrasi perawatan berkala mobil di bengkel resmi HondaDok. HPM Ilustrasi perawatan berkala mobil di bengkel resmi Honda

“Kerusakan dari konsumen. Kalau dia menerjang banjir sehingga terjadi water hammer, atau temperatur mobilnya tinggi tapi dipaksa terus sehingga kondisi dalaman mesin banyak rusak atau hingga piston pecah itu yang parah,” ujarnya.

Meski top overhaul hanya membuka bagian atas mobil, servis jenis ini tergolong dalam prosedur servis berat. Top overhaul akan membutuhkan waktu perbaikian cukup lama dan bisa jadi biaya tak murah.

“Jasa untuk top oberhaul saja itu kurang lebih Rp 3 juta sampai Rp 4 juta. Kalau komponen beda lagi itu nanti tergantung apa saja kerusakannya,” ujar Denny.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250