banner 728x250

Estimasi Perbaikan Kaki-kaki Avanza Reborn yang Unggul di Tanjakan Spongebob

Daftar Kekurangan Mobil Penggerak Roda Belakang
banner 120x600
banner 468x60

KLATEN, KOMPAS.com – Toyota Avanza generasi kedua lansiran 2011 sampai 2020, atau biasa disebut Avanza Reborn, sempat popular di pasar mobil bekas. Tak disangka, penyebabnya adalah fenomena viral tanjakan Spongebob.

Mobil ini dianggap lebih unggul untuk melibas tanjakan karena masih menggunakan penggerak roda belakang (RWD). Titik tumpu kendaraan yang berada di roda belakang membuat roda penggerak lebih mantap dalam menjaga traksi

banner 325x300

Jika Anda tertarik membelinya, ada baiknya mengetahui berapa biaya perbaikan kaki-kakinya mengingat usia mobil ini sudah belasan tahun sejak pertama kali mengaspal.

Baca juga: Gara-gara Tanjakan Spongebob, Avanza Reborn Bekas Ramai Peminat

Modifikasi tampilan Avanza tipe G menjadi Veloz tahun 2020Dok. Instagram @jacgarage Modifikasi tampilan Avanza tipe G menjadi Veloz tahun 2020

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan tanda Toyota Avanza membutuhkan peremajaan kaki-kaki biasanya muncul bunyi dan terjadinya penurunan kenyamanan.

“Beberapa jenis bunyi tidak wajar bisa timbul, bahkan kestabilannya juga berkurang bila suspensi mulai bermasalah, maka dari itu agar tetap nyaman dibutuhkan peremajaan,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Senin (11/9/2023).

Pemilik bengkel di Polokarto, Kabupaten Sukoharjo ini mengatakan ada beberapa rangkaian suspensi yang memiliki peran berbeda-beda dan menyebabkan masalah yang berbeda pula bila sudah rusak. Sehingga gejala kerusakannya bisa bermacam-macam dengan kondisi jalan yang ada saat mobil sedang dikendarai.

Baca juga: Cara Mudah Hilangkan Ngelitik pada Mesin Avanza

Modifikasi Toyota AvanzaPhoto by alfin.photoworks Modifikasi Toyota Avanza

“Ada bunyi kluk-kluk, tek-tek dan seterusnya, gejala akan muncul bila mobil melaju di jalan tidak rata, saat melewati luban atau polisi tidur dan seterusnya, sangat beragam,” ucap Muchlis.

Muchlis menyarankan untuk hasil optimal maka perbaikan kaki-kaki sebaiknya dengan melakukan penggantian. Namun, beberapa konsumen juga bisa hanya memperbaikinya saja meski hasilnya akan berbeda kualitas.

“Adakalanya konsumen tidak mengganti komponen, namun hanya melakukan perbaikan untuk menekan biaya, biasanya ini dilakukan oleh oknum pedagang mobil bekas, tapi bila pengguna pribadi kami sarankan untuk menggantinya dengan komponen baru,” ucap Muchlis.

Baca juga: Daftar Harga Toyota Avanza Bekas, mulai Rp 68 Jutaan

Modifikasi Toyota AvanzaAlfin Photoworks Modifikasi Toyota Avanza

Adapun rincian biaya penggantian kaki-kaki, di luar jasa untuk Avanza generasi kedua yang ditawarkan sebagai berikut:

  1. Shock absorber depan orisinal, Rp 1,6 juta sepasang.
  2. Shock absorber belakang orisinal, Rp 800.000 sepasang.
  3. Tie rod Rp 250.000 sepasang
  4. Rack end Rp 350.000 sepasang
  5. Link stabilizer Rp 200.000 sepasang
  6. Bushing stabilizer Rp 80.000 sepasang
  7. Bushing lower arm Rp 250.000
  8. Bearing roda 400.000

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250