banner 728x250

Knalpot Mobil Keluar Asap Putih? Ini Sebabnya

Knalpot Mobil Keluar Asap Putih? Ini Sebabnya
banner 120x600
banner 468x60

FokusFakta.com – Ketika hendak memanaskan mobil di garasi, tak sedikit pemilik kendaraan mengalami knalpot mengeluarkan asap putih mengepul.

Sejenak, mereka bakal merasa bingung dan khawatir. Apakah ini pertanda buruk?

banner 325x300

Asap putih yang keluar dari knalpot tersebut ternyata bisa menjadi pertanda ada masalah serius pada mesin.

Jika tidak ditangani dengan segera, bisa-bisa akan memicu kerusakan yang lebih fatal.

Keluar asap putih pada knalpot ini ternyata disebabkan 6 faktor ini. Berikut faktor-faktor penyebab keluar asap putih pada knalpot dilansir dari Daihatsu Indonesia.

1. Uap Air Terjebak dalam knalpot

Mobil yang lama tak dipakai akan terjadi insiden seperti ini. Pasalnya, knalpot menyimpan banyak kandungan uap air di dalamnya.

Saat mesin dinyalakan, air di dalam knalpot tersebut akan berubah menjadi kepulan asap.

2. Perubahan suhu mesin

Kasus ini kerap terjadi ketika berada di daerah dengan suhu sangat dingin atau saat semalaman terguyur hujan. Pasalnya ketika suhu terlalu dingin dan mulai panas, akan terjadi pengembunan pada knalpot sehingga berakibat pada munculnya titik air di dalamnya.

3. Ring Piston dan Seal Klep Rusak

Selain itu, kemungkinan terjadi kerusakan pada bagian ring piston dan seal klep, sehingga menyebabkan asap terus mengepul meskipun mesin dalam kondisi dingin. Kerusakan yang terjadi pada kedua komponen tersebut bisa menyebabkan oli masuk ke ruang pembakaran.

4. Bahan Bakar Masuk ke Ruang Pembakaran

Kelebihan bahan bakar yang terbakar dapat berakibat pada munculnya asap ngebul, pasalnya bahan bakar yang diolah dalam saluran pembakaran wajib seimbang dan sesuai antara volume bahan bakar dan volume udara.

Untuk mobil bensin, kelebihan bahan bakar bisa menyebabkan asap hitam. Sementara untuk mobil diesel, kelebihan bahan bakar solar dapat berakibat pada munculnya asap putih.

5. Kerusakan di Bagian Pompa Bahan Bakar

Kerusakan yang terjadi pada bagian pompa bahan bakar juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Hal ini ditandai dengan keluarnya kepulan asap hitam serta turunnya tenaga mobil.

6. Pengembunan Gas Buang

Hasil dari pengembunan gas buang dapat menyebabkan keluarnya asap putih, hal ini wajar terjadi terlebih untuk mobil modern teknologi terbaru. Campuran udara serta BBM yang terbakar sempurna dapat menghasilkan gas buang, termasuk adanya titik-titik air di dalamnya.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250