banner 728x250

Modifikasi Apik Toyota Soluna, Tampil Bergaya Retro

Modifikasi Apik Toyota Soluna, Tampil Bergaya Retro
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Soluna merupakan mobil yang cukup digemari pada era 2000-an. Mobil ini sekaligus mengisi segmen sedan yang ditinggalkan Corolla.

Meski saat ini usianya terbilang lawas, namun masih ada saja pemilik yang mempertahankan Toyota Soluna. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang justru mencari unit sekennya untuk dimodifikasi menjadi lebih segar.

banner 325x300

Seperti yang dilakukan oleh pria bernama Widitya Prayudi. Akrab disapa Didiet, pria berusia 46 tahun ini awalnya sengaja membeli Toyota Soluna tipe GLi lansiran 2000 transmisi matik, karena membutuhkan kendaraan yang lebih ekonomis.

Baca juga: Cara Mengenali Mesin Motor Bekas Sehat atau Tidak

“Saya memang mencari mobil yang ekonomis, harga masih terjangkau, perawatan murah, sparepart mudah, pajak murah dan yang paling penting modelnya asik dan masih kelihatan retro. Jatuh pilihan di Soluna, apalagi ada versi yang matic-nya, tambah ingin deh,” ucap Didiet, kepada Kompas.com, Rabu (22/11/2023).

Modifikasi Toyota Solunadok pribadi Widitya Prayudi Modifikasi Toyota Soluna

Didiet melanjutkan, saat mendapat unit pertama kali, cat mobil masih dalam kondisi orisinal tanpa dempul, hanya saja kondisinya sudah tidak prima lagi. Alhasil, ia memutuskan untuk mengecat ulang menggunakan warna Vita Cream Mercedes-Benz era 80-an.

Nah, untuk menentukan konsep modifikasinya pun enggal gampang. Untuk mobil Soluna ini mindset kita otomatis ke giring ke arah modifikasi 90-an gaya ‘selatan’ di mana tren masa itu pake pelek tuner Mercy atau BMW dengan diameter besar dan rubah pcd ke baut 5,” kata Didiet.

Tak mau sama seperti yang lain, pria yang juga merupakan konseptor modifikasi mobil EL Bandietoz Garage Kustom ini akhirnya memutuskan untuk memilih konsep anti-mainstream, yakni menggabungkan tampilan mobil tahun 50-an, 70-an dan 90-an.

“Jadi tabrakin 3 era, 50-an, 70-an sama 90-an, juga American style sama Japanese style sekaligus,” kata Didiet.

Modifikasi Toyota Solunadok pribadi Widitya Prayudi Modifikasi Toyota Soluna

Pada bagian depan, Soluna milik Didiet tampak begitu apik dengan grill dan lampu depan custom. Sementara untuk bagian bumper hanya ditambah lips saja. Jika diperhatikan secara seksama, body mobil, bumper dan lips dibekali dengan warna yang berbeda, menghasilkan perpaduan yang begitu ciamik.

Kaca spion yang semula berada di pilar A, dipindahkan ke kap mesin layaknya Corolla Dx. Membuat tampilan retro mobil ini semakin kental.

Berlanjut ke bagian samping, paling menarik adalah tampilan pelek bergaya 50-an. Siapa sangka bahwa mobil ini menggunakan pelek standar kaleng dari Honda Mobilio R15 pcd 100.

“Untuk beli jadi dan pesen pelek dengan spek dan model era tahun 50-an ke US terlalu mahal buat ukuran saldo saya. Jadi saya bikin modif sendiri dari pelek besi yang umum ada di Indonesia. Saya bikin dari pelek standar kalengnya Honda mobilio R15 yang memang sudah pcd 100,” kata Didiet.

“Face di kustom ala pelek smoothie Amerika trus saya beli dop knock off 3 spoke spinner dan ring beauty lips, juga tidak lupa ban white stripe,” lanjutnya.

Modifikasi Toyota Solunadok pribadi Widitya Prayudi Modifikasi Toyota Soluna

Sementara di bagian buritan tampil sederhana tanpa emblem Toyota maupun Soluna. Didiet menambahkan mata kucing di bagian bumper, dilengkapi dengan antena yang menjulang tinggi untuk memperkental aura 70-an. Sedangkan untuk stoplamp dibuat menjadi warna oranye untuk memperkuat tampilan retronya.

“Interior saya modifikasi cukup jok depan saja pake model semi bucket alias jok pocong, biar lebih dapet retro look-nya, saya pake jok Agya,” kata Didiet.

Baca juga: Bocoran Bus Baru PO Borlindo

Adapun di bagian jantung pacu tidak dilakukan ubahan apapun, masih menggunakan mesin standar Toyota Soluna.

Secara keseluruhan, modifikasi Toyota Soluna garapan Didiet tampil apik dengan nuansa retro yang begitu kental. Tentu bisa dijadikan inspirasi bagi Anda yang ingin memodifikasi sedan Toyota ini agar tampil beda.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250