banner 728x250

Operasional Angkutan Barang Mau Dibatasi saat Nataru

Operasional Angkutan Barang Mau Dibatasi saat Nataru
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri mengusulkan pembatasan operasional angkutan berat selama periode Natal dan tahun baru (Nataru).

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengaku telah memprediksi arus lalu lintas kendaraan.

banner 325x300

Ia berharap, bahwa tanggal 20 Desember 2023 seluruh kegiatan pekerjaan telah berakhir guna mengantisipasi volume kendaraan di jalan.

Baca juga: Tahun 1938, Rekor Tercepat Naik Mobil Jakarta-Surabaya Cuma 8 Jam

Penertiban angkutan barang melanggar aturan Over Dimension dan Over Load (ODOL) yang dilakukan di ruas tol Tol Belawan-Medan-Tj. Morawa (Belmera). PT Jasamarga Kualanamu Tol Penertiban angkutan barang melanggar aturan Over Dimension dan Over Load (ODOL) yang dilakukan di ruas tol Tol Belawan-Medan-Tj. Morawa (Belmera).

“Pada arus puncak tanggal 22 Desember kita harapkan angkutan berat sumbu tiga sudah dipastikan tidak beroperasi,” ujar Firman, disitat dari tayangan langsung Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI, Selasa (21/11/2023).

“Jadi mohon izin kita usulkan kendaraan-kendaraan tersebut tidak kita operasionalkan, kita harapkan bisa menambah kelancaran,” kata dia.

Demi kelancaran arus lalu lintas, Kakorlantas juga berpesan kepada pengelola rest area agar menciptakan ketertiban bagi masyarakat atau pengguna jalan yang akan melalui jalur tol pada Libur Nataru.

Baca juga: Simpang Jalan Sudirman Medan Dikeramik, Banyak Motor Berjatuhan

Ia meminta kerjasama yang baik seperti penguraian kemacetan pada pelaksanaan Mudik Lebaran kemarin.

“Kami juga mengantisipasi potensi-potensi kerawanan sekitar rest-rest area yang ada di jalan tol. Moga-moga pengelola rest area juga menyiapkan sedemikian rupa berkaca dengan pengalaman yang lalu,” ucap Firman.

“Terima kasih atas kerjasamanya, masyarakat bisa kita atur sedemikian rupa untuk berbelanja dengan teratur di rest area yang ada,” ujarnya.

Baca juga: Marak Modus Segitiga, Ini Ciri Penipuan Jual Beli Mobil Bekas

Kondisi lalu lintas arus mudik Lebaran 2023 pada malam hari di Gerbang Tol Cikampek Utama, Selasa (18/4/2023).Dok. Jasa Marga Kondisi lalu lintas arus mudik Lebaran 2023 pada malam hari di Gerbang Tol Cikampek Utama, Selasa (18/4/2023).

Sementara itu, Korlantas Polri memprediksi puncak arus mudik diprediksikan terjadi dua periode yaitu: puncak arus Natal dan puncak arus Tahun Baru.

Untuk puncak arus mudik natal diprediksi terjadi pada 22-23 Desember 2023 dan puncak arus balik natal terjadi pada 26-27 Desember 2023.

Sedangkan puncak arus mudik tahun baru terjadi pada 29-30 Desember 2023 dan puncak arus balik tahun baru terjadi pada 1-2 Januari 2024.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250