banner 728x250

Pramac Ducati Jadi Tim Satelit Pertama yang Juara Tim MotoGP

Pramac Ducati Jadi Tim Satelit Pertama yang Juara Tim MotoGP
banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Jorge Martin mungkin tertinggal 21 poin dari Pecco Bagnaia di klasemen pembalap. Pecco berhasil memperlebar selisih setelah berhasil meraih podium dua di Sirkuit Lusail pada MotoGP Qatar akhir pekan lalu.

Namun, tim satelit Pramac Racing menciptakan sejarah di MotoGP Qatar 2023. Pramac Racing berhasil mengunci titel juara tim MotoGP 2023, lolos dari kejaran tim pabrikan Ducati Lenovo yang berada di peringkat dua.

banner 325x300

Dilansir dari Speedweek (22/11/2023), capaian ini menjadi sebuah prestasi besar karena untuk pertama kalinya dalam sejarah MotoGP, ada tim satelit yang memenangkan titel.

Baca juga: PO Rosalia Indah Rilis Bus Baru Mewah, Ada 2 Kelas dalam 1 Bus

Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023Dok. @89jorgemartin Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Thailand 2023

Untuk diketahui, Pramac Racing memulai debut sebagai kontestan MotoGP sejak 2002 silam. Tim Pramac yang sekarang, sebenarnya adalah gabungan dari dua buah tim berbeda yang masih berpisah pada 2002 dan 2003.

Dua tim tersebut adalah tim Pramac lama yang dulunya menjadi tim satelit Yamaha, dan tim d’Antin yang dulunya menjadi tim satelit Honda.

Pada 2004 mereka bergabung menjadi sebuah tim, dan beralih menjadi tim satelit Ducati, yang saat itu masih menjadi pabrikan baru di MotoGP.

Baca juga: Tol Japek II dan Tol Solo-Yogyakarta Dibuka Fungsional

Awalnya tim ini sempat memakai nama Alice Team pada 2008, namun kemudian nama Pramac Racing dipilih hingga sekarang.

Pramac Racing dapat dukungan penuh dari pabrikan. Tim Pramac juga menjadi tim junior Ducati, yang dipakai untuk menempatkan pembalapnya sebelum naik ke tim utama.

Saat Ducati sukses menciptakan motor kompetitif selama beberapa musim belakangan, mereka pun juga mencicipi kesuksesan pabrikan induknya.

Prestasi tim asal Italia ini tentu bakalan lebih moncer, apalagi jika mereka mampu mengantarkan Jorge Martin menjadi juara pebalap musim ini.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250