banner 728x250

Saat Beli Motor Bekas Pastikan Surat-surat Lengkap

Saat Beli Motor Bekas Pastikan Surat-surat Lengkap
banner 120x600
banner 468x60

KLATEN, KOMPAS.com – Sepeda motor bekas banyak dijual di pasaran baik melalui showroom atau secara pribadi. Bahkan tidak jarang masyarakat lebih mengandalkan media sosial atau lapak daring untuk membeli karena lebih praktis.

Namun, masyarakat perlu waspada atau lebih tepatnya jangan sampai tergiur harga yang lebih murah. Pasalnya, tidak semua motor bekas kondisinya aman. 

banner 325x300

Baca juga: Isu Rangka eSAF Tak Ganggu Penjualan Motor Bekas, Pedagang: Honda Seken Tetap Banyak Peminatnya

Motor klasik tidak pernah sepi peminatNugkla Garage/Nugroho Motor klasik tidak pernah sepi peminat

Nugroho, Pemilik Showroom Motor Bekas Nugkla Garage di Cawas, Klaten mengatakan surat-surat seperti BPKB dan STNK menjadi elemen penting saat membeli motor bekas.

“Surat-surat seperti STNK dan BPKB merupakan surat resmi yang melekat pada motor, sehingga motor bisa dikendarai di jalan raya, jadi aman saat ada pemeriksaan oleh petugas,” ucap Nugroho kepada Kompas.com, Selasa (21/11/2023).

Nugroho mengatakan kelengkapan surat-surat juga sebagai tanda bahwa motor tersebut berstatus aman, tidak tergadaikan atau berurusan dengan leasing. Sehingga, pembeli tidak akan mendapatkan masalah setelah membelinya.

Baca juga: Pedagang Motor Bekas Ngaku Tak Terlalu Perhitungkan Rangka Saat Jual-Beli

Salah satu showroom motor bekas bernama Damitra Motor yang terletak di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (3/9/2023). KOMPAS.com/Dzaky Nurcahyo Salah satu showroom motor bekas bernama Damitra Motor yang terletak di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (3/9/2023).

Menurut Nugroho surat-surat menjadi wajib ada untuk motor bekas dengan tahun muda, sementara untuk motor antik bisa dimaklumi.

“Motor antik biasanya sudah tidak dilengkapi surat-surat dan itu bisa dimaklumi, tapi dengan adanya kelengkapan tersebut serta pajak hidup maka akan menaikkan nilai jual motor antik tersebut,” ucap Nugroho.

Nugroho juga mengatakan kelengkapan dokumen yang ada harus dicocokan dengan nomor mesin dan rangka, wajib sama dengan yang ada di fisik kendaraan. Dengan demikian, surat-suratnya memang sah atau valid.

Baca juga: Ada Masalah Rangka eSAF, Honda Masih Laris di Pasar Motor Bekas

Cara perpanjang STNK tahunan secara online melalui aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal)KOMPAS.com/SRI LESTARI Cara perpanjang STNK tahunan secara online melalui aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal)

Slamet, Pemilik Berkah Motor Cawas juga mengatakan motor bekas yang tidak dilengkapi surat-surat cenderung dibanderol lebih murah, tapi berisiko bila dibeli.

“Sama saja motor tersebut tidak bisa dipakai di jalan raya, jika ada pemeriksaan pasti kena tilang, kan urusannya jadi ribet itu, makanya sebaiknya tidak dibeli,” ucap Slamet kepada Kompas.com, Selasa (21/11/2023).

Jadi, saat hendak membeli motor bekas wajib hukumnya memastikan kelengkapan STNK dan BPKB agar terhindar dari risiko kena tilang dan mendapat masalah ke depannya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Link Original

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250