banner 728x250
Index  

Amalan-Amalan Sunnah Saat Duduk di Antara Dua Khutbah Jumat

Amalan-Amalan Sunnah Saat Duduk di Antara Dua Khutbah Jumat
banner 120x600
banner 468x60

SuaraSumbar.id – Untuk memperkaya pengetahuan keagamaan umat Muslim, terutama terkait dengan ibadah sholat Jumat, baru-baru ini muncul diskusi mengenai amalan-amalan yang dapat dilakukan saat duduk di antara dua khutbah Jumat.

Informasi ini diharapkan dapat membantu umat Muslim laki-laki yang wajib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sholat Jumat, termasuk wanita yang memilih untuk mengikuti sholat Jumat.

banner 325x300

Sumber yang dipercaya menyebutkan bahwa tidak ada doa khusus yang direkomendasikan untuk dibaca saat imam duduk di antara dua khutbah, seperti yang telah dijelaskan oleh Syaikh Ibnu ‘Utsaimin dan ulama lainnya.

Namun, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan pada momen tersebut, yang telah dijelaskan dalam hadist-hadist shahih.

Salah satu amalan yang disunnahkan adalah membaca Surat al-Ikhlas, seperti yang disebutkan oleh Syekh Ibnu Hajar al-Haitami dalam kitabnya al-Fatawi al-Fiqhiyyah al-Kubra.

Beliau menyebutkan bahwa membaca Surat al-Ikhlas atau ayat-ayat lain dari Al-Qur’an saat khatib duduk di antara dua khutbah adalah sunnah, mengingat keutamaan dan pahala khusus yang terkandung dalam surat tersebut.

Selain itu, Syekh Ibnu Hajar juga menekankan pentingnya berdoa pada saat ini, sesuai dengan penjelasan al-Qadli Husain yang menyatakan bahwa sunnah bagi jamaah adalah menyibukkan diri dengan berdoa saat duduknya khatib di antara dua khutbah.

Ditekankan juga bahwa doa yang dibacakan sebaiknya dengan suara pelan untuk menghindari gangguan terhadap jamaah lainnya.

Informasi ini diharapkan dapat memberikan panduan yang bermanfaat bagi umat Islam dalam melaksanakan ibadah sholat Jumat dengan lebih khusyuk dan mendalam.

Para ahli juga mengingatkan umat Muslim untuk senantiasa mengikuti sunnah-sunnah Nabi dalam setiap aspek ibadah untuk mendapatkan pahala dan keberkahan yang lebih besar.

Untuk informasi lebih lanjut dan pemahaman yang lebih mendalam, jamaah diimbau untuk berkonsultasi dengan ulama dan ahli tafsir yang kompeten.

Kontributor : Rizky Islam

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x250